Bakesbangpol Lambar Gelar Forum Silaturahmi dan Pembinaan Ormas-LSM

Bakesbangpol Lambar Gelar Forum Silaturahmi dan Pembinaan Ormas-LSM

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Lampung Barat menggelar forum silaturahmi dan pembinaan organisasi kemasyarakatan (Ormas) serta lembaga swadaya masyarakat (LSM) tahun 2023 di di Aula Gedung PKK komplek Pemkab, Kamis (2/3/2023)

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten I Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sugeng Raharjo dan narasumber berasal dari Kodim 0422/LB, Polres, Kejaksaan Negeri Liwa, Bakesbangpol serta dihadiri Ormas dan LSM itu berlangsung sukses.

Dalam sambutannya, Sugeng menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan pembangunan daerah dan penyelenggaraan pemerintah memiliki tujuan yang ingin dicapai yaitu tata kelola pemerintah yang baik dan untuk mencapai hal tersebut terdapat tiga pilar yang harus dipenuhi yaitu masyarakat, pemerintah dunia usaha/swasta dan tokoh tokoh perorangan. 

BACA JUGA:Lestarikan Hutan Adat, Warga Pekon Bedudu Tanam Bibit Kopi Arabika dan Durian Tumi

Oleh karena itu dalam pelaksanaan pembangunan menuju tata kelola pemerintahan yang baik, ketiga pilar tersebut bukan dalam posisi yang saling melemahkan melainkan saling bersinergi dan memperkuat dengan peran dan keahlian masing-masing. 

Kata dia, cukup banyak Ormas dan LSM di Kabupaten Lambar. Kondisi ini tentang sangat menggembirakan, apalagi pilar masyarakat sipil ini memberikan banyak sumbangsih bagi pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengawal proses dan keberhasilan pembangunan.

“Tanpa peran aktif masyarakat tidak mungkin pembangunan berjalan dengan baik,” kata Sugeng.

BACA JUGA:Tahun Ini Jembatan Penghubung di Pekon Muarajaya ll Dibangun

Ia berharap Ormas dan LSM khususnya yang ada di Kabupaten Lambar agar dapat terus berkiprah dan menjadi motor penggerak bagi terlaksananya pembangunan yang kondusif, aman, tentram dan damai. 

“Dengan diadakannya forum silaturahmi ini diharapkan akan semakin meningkatnya pemahaman kita semua tentang berbagai kebersamaan antisipasi dan mengembangkan Ormas dan LSM dan kita berharap materi yang disampaikan benar benar dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari dan ditularkan kepada masyarakat di lingkungan masing masing sebagai wujud tanggungjawab kita sebagai warga negara yang baik,” ungkap Sugeng.

Sementara itu, Kabid Ormas dan Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Lambar Pangku Hazaroni mengungkapkan, adapun maksud dilaksanakannya kegiatan forum dan pembinaan Ormas dan LSM ini untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman dalam rangka memantapkan bangsa demi menciptakan keikutsertaan secara aktif seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan nasional khususnya di wilayah Kabupaten Lambar. 

BACA JUGA:Tanaman Padi Terancam Gagal Panen Akibat Banjir, Kepala DTPH Lambar dan Petani Bahas Solusi

Sedangkan tujuannya untuk mengingatkan kepada Ormas dan LSM bahwa organisasi yang dimaksud adalah merupakan mitra pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan untuk mewujudkan pembangunan nasional. 

Kata dia, untuk mewujudkan pembangunan nasional sangat diperlukan peran serta dari Ormas dan LSM sebagai sarana menyampaikan komunikasi sosial serta meningkatkan partisipasi masyarakat demi tercapainya sasaran-sasaran pembangunan nasional baik di pusat maupun daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: