Didukung 126 Dokter Spesialis, RSUDAM Mampu Operasi 30 Pasien per Hari

Didukung 126 Dokter Spesialis, RSUDAM Mampu Operasi 30 Pasien per Hari

Direktur RSUDAM Lukman Pura--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung, dr. Lukman Pura, Sp.PD, K-GH, MHSM., mengatakan saat ini pihaknya memiliki 12 kamar operasi yang didukung oleh 126 dokter spesialis dan 30 dokter sub spesialis.

Dimana setiap harinya mampu melakukan operasi kepada 20 hingga 30 pasien. Yang paling mendominasi yaitu bedah penyakit kanker keganasan.

"Dalam sehari pasien yang dioperasi di RSUDAM itu berbeda-beda. Tapi rata-rata diatas 20 sampai 30 pasien. Saya sudah minta agar dapat menggunakan kamar operasi secara maksimal yang saat ini berjumlah 12 unit," kata Lukman Pura, saat dimintai keterangan, Rabu (22/2). 

BACA JUGA:Jaga Toleransi, Kapolresta Bandar Lampung Kunjungi Masjid Al Ikhlas

BACA JUGA:Camat Labuhan Ratu Terjun Langsung Temui Warga di Lokasi Banjir

Lanjutnya, jika waktu tunggu pasien yang akan menjalani operasi berbeda-beda yang disesuaikan dengan kondisi penyakit yang diderita oleh pasien itu sendiri.

"Waktu tunggu sendiri tergantung dari kondisi sakit yang diderita karena harus case per case tidak bisa digeneralisir. Tapi kalau misal dia harus dilakukan tindakan cepat maka bisa juga dilakukan dengan cepat setelah ada rekomendasi dari dokter," terangnya. 

Lanjutnya, tidak semua pasien yang sakit dinyatakan layak untuk dilakukan tindakan operasi. Menurutnya pasien yang tidak bisa dilakukan operasi karena ketidakmampuan tubuh yang dikhawatirkan memburuk kondisi.

BACA JUGA:Lewat Musrenbang, Way Krui-Karya Penggawa Sampaikan Usulan Prioritas Pembangunan

BACA JUGA:Bahas Pembatasan Hiburan Malam, Polsek Pesbar Laksanakan Rakor Lintas Sektor

"Seperti pasien yang menderita kanker keganasan dan ini sudah multi faktor yang mempengaruhi. Cuma mungkin tim tidak menguraikan secara holistik kepada keluarga. Jadi ada ketidakmampuan tubuh kalau dia menghadapi operasi. Jadi jangan membuat buruk kondisi yang ada," jelasnya. 

Pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat mengingat RSUDAM merupakan rumah sakit rujukan utama dan rujukan terakhir di Lampung.

"Kami akan lakukan yang terbaik dalam pemberian pelayanan karena saat ini masyarakat sudah banyak yang percaya terhadap Abdul Moeloek. Kadang ada pasien datang pengen langsung dapat tempat tidur padahal kondisinya tidak ada yang kosong mohon untuk dimaklumi," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: