Ketua LHP Sumberalam Dorong Aparat Pekon Pertahankan Kinerja Oke

Ketua LHP Sumberalam Dorong Aparat Pekon Pertahankan Kinerja Oke

Ketua LHP Sumberalam, Kalimi--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kabar kurang sedap soal Dana Desa (DD) Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat diindikasi banyak kejanggalan, disesalkan oleh Ketua Lembaga Himpun Pekon (LHP) setempat yang merupakan mitra kerja pemerintah pekon itu. 

Pasalnya, disebutkan Ketua LHP Kalimi dalam pengelolaan dan bahkan pemanfaatan DD yang merupakan program pemerintah pusat sesuai nawacita Presiden RI Ir Joko Widodo, telah merubah status pekon itu menjadi lebih baik di semua bidang. Baik sektor pembangunan fisik, pemberdayaan masyarakat hingga banyak lainnya.

BACA JUGA:Tim Kecamatan Jatiagung lakukan Monev di Desa Margodadi

Bahkan berkat keseriusan aparatur pekon dengan mengedepankan keterbukaan (transparansi) serta pemberdayaan bidang-bidang pemerintahan pekon, mencerminkan PekonnSumberalam terbentuk satu kesatuan pemerintahan kecil. 

"Tentunya dalam melaksanakan program kerja tidak semua aspirasi yang diharapkan mampu direalisasikan secara instan, dan bahkan banyak harapan yang belum tersentuh. Itu semua karena keterbatasan anggaran dan banyaknya item-item yang dilaksanakan. Sehingga tidak bisa didefinisikan negatif hanya sekilas pandang," ungkap pihaknya.

BACA JUGA:Layanan Kesehatan Gratis di Musrenbang Gedungsurian Diserbu Warga

Dan terkait keterbukaan publik dalam pemanfaatan DD salah satu yang disanjung oleh LHP adanya, paripurna Laporan Kerja Pertanggung Jawaban (LKPj) APBDes 2022. "Ini contoh kecil dari sistem kerja pemerintah Pekon Sumberalam dalam menjalankan nawacita presiden sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku," sebut dia. 

Pihaknya mendorong pemerintah pekon untuk terus bekerja dan berkarya dalam menjaga  Indeks Desa Membangun (IDM) sebagai Desa Mandiri dengan selama tiga tahun ini terhitung dari 2021, 2022 dan 2023 menerima dana Kinerja dari Menteri Keuangan RI. Sebagai bentuk apresiasi pemerintah dalam pengelolaan administrasi pekon yang baik. 

BACA JUGA:Pastikan Warga Terdaftar, KPU Pesbar Kembali Ajak Warga Cek DPT

"Kita terus evaluasi  kinerja pelaksanaan DD yang dalam aplikasi kegiatannya dijalankan  sesuai dengan tupoksi aparatur pekon di bidang masing-masing, seperti dari team pengelolaan keuangan dan tim pelaksanaan kegiatan dan juga tanggung jawab bidang masing masing sesuai ketentuan dari permendes," imbuhnya.

Hanya saja,  pihaknya berpesan kepada pemerintah pekon tetap menjaga koordinasi kerja dengan semua pihak, sehingga apa yang menjadi kendala dilapangan maupun apa yang menjadi program dapat dijalankan secara bersama dalam kebersamaan, perwujudan dari Desa Mandiri yang sesungguhnya. 

BACA JUGA:Awas! Jangan Pakai Perhiasan Mencolok Saat ke Pasar

Sebelumnya dalam paripurna LKPJ Tahun 2022 dikemukakan Peratin Husain pagu DD 2022 pekon Sumberalam Rp 714 juta dan Penerimaan tunjangan kinerja Rp 260 dengan total keseluruhan Rp 974 juta. 

"2022 dalam pemanfaatan DD diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi, meliputi tiga kegiatan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Minimal 40%, Ketahanan Pangan 20% dan Penanganan Covid-19 8%," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: