Belum Ada Juleha di Pesisir Barat

Belum Ada Juleha di Pesisir Barat

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat hingga kini belum ada juru sembelih hewan ternak di kabupaten setempat yang memiliki sertifikat halal.

Kabid Peternakan, Rahmat Nursan, S.Pd., mengatakan usaha penyembelihan hewan ternak terutama ayam di kabupaten setempat cukup banyak, bahkan merata di seluruh kecamatan. Tapi hingga kini belum ada yang memiliki sertifikat halal.

“Sampai sekarang belum ada juru sembelih yang memiliki sertifikat halal di Kabupaten Pesbar, meski begitu kita tetap melakukan pengawasan agar mereka melakukan penyembelihan hewan ternak sesuai dengan syariat islam,” kata dia.

BACA JUGA:Catatan Buruk Pohuwato Diawal 2023, Oknum Kades Terjerat Kasus Narkoba

BACA JUGA:Ternyata Besaran Segini Gaji PPS

Dijelaskannya, penetapan juru sembelih halal (Juleha) tersebut dilakukan langsung oleh Kantor Kementerian Agama, karena terdapat sejumlah tahapan yang harus dilalui juru sembelih untuk mendapatkan sertifikat halal.

“Kita memang memiliki data seluruh juru sembelih yang ada di kabupaten ini. Namun yang mengeluarkan sertifikat halal bagi mereka ada kantor kementerian agama,” jelasnya.

BACA JUGA:Arinal Junaidi Dengungkan Program KPB di Lambar

BACA JUGA:Dalam Semalam, Dua Motor di Padangtambak Raib Digasak Maling

Menurutnya, pada tahun ini Kementerian Agama kembali menggulirkan program pembuatan sertifikat halal gratis. 

Namun pihaknya belum mengetahui apakah pembuatan sertifikat halal gratis itu menyasar juru sembelih atau tidak.

“Kita akan melakukan koordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Pesbar, ha itu untuk mengupayakan agar ada juru sembelih yang memiliki sertifikat halal, apalagi ada program pembuatan sertifikat halal gratis,” terangnya.

BACA JUGA:Lampung Peringkat Pertama Persentase Realisasi Belanja APBD se-Indonesia

BACA JUGA:67 Pekon Sampaikan Ikhtisar Laporan Realisasi Pelaksanaan APBPekon Semester Akhir Tahun 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: