Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemkab Tanggamus Berupaya Kembangkan Sektor Unggulan

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemkab Tanggamus Berupaya Kembangkan Sektor Unggulan

Bupati Tanggamus Dewi Handajani didampingi wakil Bupati AM Syafi'i serahkan bantuan unit mesin penggiling kopi bagi UMKM - foto Dok--

BACA JUGA:Tutup Kegiatan 2022 Pekon Muarajaya ll Bagikan Bantuan Ketahanan Pangan

Karena Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) merupakan Salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi suatu daerah, karena sektor ini dapat memberikan kesempatan kerja yang luas, sehingga memiliki kontribusi yang cukup penting dalam mendorong peningkatan pendapatan masyarakat dan mengurangi tingkat pengangguran.

Sinergitas antara pemerintah daerah dan petani pengelola kopi biji harus selalu terjalin dengan baik agar dihasilkan persepsi yang sama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui keterpaduan program kegiatan yang saling menguntungkan. Selain itu, perbaikan pelayanan kepada masyarakat terutama di bidang Perekonomian dan Pembangunan akan terus ditingkatkan ke arah yang lebih baik.

"Semoga batuan-bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya bagi para petani dan pengelola kopi biji, Sehingga dapat menambah mutu dan daya saing serta mem-branding kopi Tanggamus lebih unggul," tuturnya. 

BACA JUGA:Siapkan Channamu! Kontes dan Pameran Ikan Channa Pertama di Kota Liwa Akan Digelar, Berhadiah Jutaan Rupiah

Sementara kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Heri Haryadi dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan peraturan Menteri keuangan Republik Indonesia No.134/pmk.07/2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi Tahun anggaran 2022, adapun tujuan meningkatkan pertumbuhan sektor UMKM di Kabupaten Tanggamus pada aspek pembinaan fasilitasi sarana prasarana produksi. 

Sehingga dapat mendorong pemasaran UMKM olahan kopi memperoleh kategori sertifikat kesehatan dan keamanan produk pangan.

Adapun jumlah penerimaan manfaat UMKM olahan kopi sebanyak 12 kelompok UMKM yang berasal dari Kecamatan Sumberejo, Air Naningan, Bulog, Gisting, Kota Agung, Kota Agung Timur, Bandar Negeri Semuong dan Pematang Sawah.

Jenis bantuan berupa mesin penggiling kopi tipe bjm gk1000 NB kapasitas produksi 10 kg/jam.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: