Pemkab Lambar Gelar Himpun Adat Bersama Empat Kepaksian Sekala Bekhak dan Marga Liwa

Pemkab Lambar Gelar Himpun Adat Bersama Empat Kepaksian Sekala Bekhak dan Marga Liwa

--

BACA JUGA:Kurun Tiga Hari, Puskesmas Pagardewa Rampung Laksanakan Kegiatan BIAS

Dipastikan, Lamban Pancasila ini akan menjadi satu di antara icon kebanggaan yang dimiliki Kabupaten Lampung Barat. Sebab, arsitektur dari bangunan Lamban Pancasila ini sendiri mengadopsi dari unsur empat kepaksian yang dimiliki Kabupaten Lampung Barat. 

"Lamban Pancasila menjadi icon dan simbol, bahwa empat kepaksian ini mampu mengayomi masyarakat yang berdomisili ataupun yang bekerja di Lampung Barat," kata Parosil.

Mengakhiri kata sambutannya, Parosil meminta keempat Kepaksian ini dapat selalu menjaga persatuan dan kesatuan beguai jejama bebakhong (bergotong royong bersama) bersama adat istiadat dan organisasi-organisasi yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

"Mari kita kompak selalu beguai jejama bebakhong, mati kita jaga, kita rawat adat istiadat ini. Harapannya Kabupaten Lampung Barat dapat maju dan menjadi percontohan dari kabupaten lain," pungkasnya.

BACA JUGA:Kepala SDN Srimenanti Optimis Nilai PKKS Tambah Baik

Untuk diketahui, Himpun Adat itu terbentuk mengingat Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak yang diyakini sebagai asal usul suku bangsa Lampung serta cikal bakal peradaban di tanah Lampung, sehingga para “Saibatin” Paksi Pak Sekala Bekhak terpanggil untuk berperan aktif dalam pembangunan dan pengembangan adat budaya Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak dengan ikut memberikan kontribusi arah kebijakan adat budaya dan merencanakan pembangunan di Kabupaten Lampung Barat yang secara wilayah kepadatan masuk dalam wilayah Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak Lampung. 

Hasil dari himpun adat tersebut dilakukan penandatanganan kesepakatan antara pihak Eksekutif dan Legislatif dalam hal ini Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus dan Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial bersama para Saibatin Sultan Sekala Bekhak. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: