10 Destinasi Wisata di Lampung Barat Siap Menyambut Libur Akhir Tahun Anda!

10 Destinasi Wisata di Lampung Barat Siap Menyambut Libur Akhir Tahun Anda!

Kawah Nirwana @endangguntorocanggu--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Libur akhir tahun menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat. Terkait itu, Kabupaten Lampung Barat bisa menjadi alternatif tujuan untuk dikunjungi.

Jika anda ingin berlibur ke Lampung Barat, ada setidaknya 10 destinasi wisata yang bisa anda kunjungi, mulai dari kerajaan adat paksi pak sekala bekhak, Kampung Kopi Rigisjaya, Suoh, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Tamiangan Hill, Kebun Raya Liwa, Danau Ranau Lumbokseminung, ArunG jeram Way Besai, Pinusan Ecopark dan Rest Area Sumberjaya.

Wisatawan bisa mengawali dengan mengunjungi Gedung Dalom Paksi Pak Sekala Brak Kerajaan Adat ‘Paksi Pak Sekala Brak’ yang terdiri dari Kepaksian Pernong, Paksi Buay Belunguh, Paksi Buay Bejalan Diway Dan Kepaksian Nyerupa.

Sehingga wisatawan tidak hanya menikmati akan keindahan yang ada di daya tarik tersebut namun kita dapat menemukan hal yang baru seperti kita mengetahui asal usul masyarakat Lampung sekaligus kita mengetahui bagaimana sih bentuk dari rumah adat khas Lampung sesungguhnya.

BACA JUGA:KPU Way Kanan Lakukan Tes Wawancara ke Calon Anggota PPK

Destinasi wisata yang kedua, Kampung Rigis Jaya memiliki perkebunan kopi dengan luas lebih kurang 498,34 hektar, setiap satu hektarnya, desa wisata ini dapat menghasilkan dua ton kopi. Hal ini membuat warga setempat mampu memproduksi robusta mencapai 1.058 ton dalam setahun. 

Aktivitas yang dapat kita lakukan di kampung kopi rigis yaitu menikmati pemandangan indah, belajar tentang kopi, beli aneka produk olahan kopi, jajan produk ekonomi kreatif, melihat warisan leluhur Lampung Barat, belajar kebudayaan lokal, bermalam di kampung Rigisjaya, desa wisata rigis ini terletak di kecamatan Air Hitam. 

Desa ini dinobatkan sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik di ajang anugerah desa wisata.desa wisata rigis jika ditempuh dari Bandara Internasional Radin Inten II Lampung, memakan waktu 5-6 jam perjalanan dengan jarak 183 Km. 

”Selama perjalanan, wisatawan disuguhi dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata, karena dikelilingi sawah dan perbukitan hijau,” ungkap Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan pariwisata Lambar Drs. Dahlin, M.Pd.


Menyeberang di danau asam @endangguntorocanggu--

Destinasi ketiga, yakni Lembah Seribu Kawah Suoh adalah sebuah kecamatan di Lampung Barat dan merupakan salah satu wilayah yang dikelilingi TNBBS. Daerah Suoh terletak di dataran rendah dengan ketinggian ± 170-350 Mdpl dan dikelilingi oleh perbukitan. 

Tempat wisata di Suoh Lampung Barat, yakni Danau Asam, Danau Lebar, Danau Minyak, Danau Belibis, Keramikan dan Nirwana yang menjadi satu dari dua yang ada di dunia. 

Destinasi keempat, TNBBS yang merupakan sebuah Taman Nasional yang ditujukan untuk melindungi hutan hujan tropis pulau sumatra beserta kekayaan alam hayati yang dimilikinya. 

TNBBS selatan memiliki luas wilayah sekitar 355.511 hektar. TNBBS merupakan bagian dari pegunungan bukit barisan. Wilayah pegunungan bukit barisan memiliki beragam vegetasi alam seperti vegetasi hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan pamah tropika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: