Budiman AS Imbau Warga Labuhan Ratu Tidak Lupakan Sejarah Perjuangan Bangsa

Budiman AS Imbau Warga Labuhan Ratu Tidak Lupakan Sejarah Perjuangan Bangsa

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perjuangan para pahlawan terdahulu dalam merebut kemerdekaan, hendaknya menjadi renungan bersama bahwa persatuan dapat mempererat dan memperkokoh kita dalam menggapai dan mempertahankan sesuatu.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Provinsi Lampung Budiman AS, saat menggelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Labuhan Ratu, Bandarlampung, Minggu (16/10).

Menurut Anggota Komisi I DPRD Lampung ini, Bangsa Indonesia ialah bangsa yang memiliki semangat perjuangan. Sebab, sudah 350 tahun lebih kita dijajah bangsa asing. Namun, karena memiliki semangat persatuan dan kesatuan dalam suatu wadah bernama Pancasila, maka kita bisa lepas dari penjajahan.

“Kemerdekaan itu tidak bisa diraih dengan cuma-cuma, butuh perjuangan dan pengorbanan. Untuk itu, kita sebagai generasi muda bangsa harus memahami tentang pentingnya ideologi pancasila dan jangan lupakan sejarah perjuangan bangsa,” jelas Budiman.

Maka, menurut Ketua DPC Demokrat Bandarlampung ini, dengan adanya sosialisasi ini dirinya berharap agar nilai-nilai Pancasila dapat ditanamkan kembali ke masing-masing diri kita, terutama para pemuda untuk terus bisa menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Menurutnya juga, untuk menjaga keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia, pemuda-pemudi harus bersatu dan sebagai masyarakat Indonesia yang hidup di zaman sekarang, sudah sewajibnya menurut dia para pemuda dan pemudi mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

“Walau banyaknya keberagaman yang ada di Indonesia, suku, ras, dan bahasa tapi untuk menjaga dan melindungi Indonesia semua harus bersatu,” tambahnya.

Sementara, Sudarto, Sekretaris Kwarcab Pramuka Bandarlampung mengatakan, musuh dari bangsa bukan berasal dari luar saja, melainkan dari bangsa itu sendiri. “Kita dijajah 350 tahun bukan oleh Belanda, melainkan karena politik adu domba, dan akhirnya kita terpecah dan mementingkan ego masing-masing,” ujarnya.

 

Untuk itu, Sudarto berharap kepada masyarakat khususnya para pemuda untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila, agar terhindar dari paham-paham yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila yang dapat menyebabkan perpecahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: