19 Daerah di Pesbar Rawan Banjir, Tiga Titik Jalinbar Rentan Longsor Hingga Pohon Tumbang

19 Daerah di Pesbar Rawan Banjir, Tiga Titik Jalinbar Rentan Longsor Hingga Pohon Tumbang

Kepala BPBD Pesbar Mirza Sahri--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kondisi cuaca ekstrem sejak beberapa pekan terakhir hingga kini harus menjadi perhatian masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) terutama yang berada di wilayah rentan terjadi bencana, baik tanah longsor, pohon tumbang, maupun bencana banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesbar Mirza Sahri, mengatakan, di Kabupaten Pesbar ini ada beberapa titik daerah yang rentan terjadi bencana alam tersebut antara lain untuk bencana tanah longsor hingga kini masih rentan terjadi di sepanjang ruas jalan lintas barat (jalinbar) terutama di wilayah perbatasan Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat-Kabupaten Tanggamus.

Kemudian, di titik perbatasan Pekon Rata Agung Kecamatan Lemong-Kaur, Bengkulu, dan di titik sepanjang ruas jalan Krui-Liwa Lampung Barat.

"Selain rawas longsor, di tiga titik ruas jalinbar itu juga rawan terjadi pohon tumbang," katanya.

BACA JUGA:Penyesalan Panggung

Sementara itu, lanjutnya, untuk daerah yang rentan terjadi banjir saat kondisi cuaca musim penghujan seperti sekarang ini antara lain di sebagian wilayah Kelurahan Pasar Krui dan Pasar Kota Krui Kecamatan Pesisir Tengah. 

Kemudian, di Kecamatan Krui Selatan meliputi Pekon Walur, Lintik, dan Mandiri Sejati.

Lalu, di Kecamatan Pesisir Selatan meliputi Pekon Sukarame, Way Jambu, dan Pekon Paku Negara. Selanjutnya, di Kecamatan Ngambur meliputi Pekon Negeri Ratu Ngambur, Ulok Mukti dan Pekon Mon. 

Sedangkan, untuk di Kecamatan Ngaras meliputi Pekon Kota Batu, Negeri Ratu Ngaras, Rajabasa, Pardasuka, Mulangmaya, Pekon Bandarjaya.

BACA JUGA:Pohon Tumbang Berhasil Diersihkan, Arus Lalin Kembali Lancar

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaannya saat beraktivitas dengan kondisi cuaca saat ini.

"Begitu juga pengendara yang melintas di ruas jalinbar ini agar memperhatikan kondisi cuaca sebelum melintas di ruas jalinbar. Mengingat di ruas jalinbar itu juga melalui kawasan hutan," pungkasnya.(yan/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: