Pemkab Pesisir Barat Upayakan Pembangunan UPT Basarnas

Pemkab Pesisir Barat Upayakan Pembangunan UPT Basarnas

Pj Sekda Kabupaten Pesbar, Drs. Jon Edwar, M.Pd--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), berharap Badan Sar Nasional (Basarnas) dapat membangun Unit Pelaksana Teknis (UPT) Basarnas di kabupaten setempat.

Penjabat (Pj) Sekda Pesbar, Drs, Jon Edwar, M. Pd., mengaku pihaknya telah mengajukan pembentukan UPT Basarnas ke pemerintah pusat, hal itu dilakukan karena wilayah Kabupaten Pesbar membutuhkan keberadaan petugas Basarnas.

“Wilayah Kabupaten Pesbar merupakan daerah pesisir pantai, sering terjadi kecelakaan laut dan kecelakaan lainnya yang membutuhkan peran serta anggota Basarnas, karena itu kami meminta agar ada pembangunan UPT Basarnas,” kata dia.

Dijelaskannya, Kabupaten Pesbar merupakan daerah rawan bencana, apalagi saat libur hari besar, sejumlah kawasan wisata pantai akan banyak disambangi oleh wisatawan dari luar daerah.

BACA JUGA:Miris...!!! Masih Banyak Masyarakat Buang Sampah Sembarangan

“Saat kunjungan wisatawan meningkat tersebut perlu ada pengawasan ekstra yang harus dilakukan, karena tidak sedikit kecelakaan laut yang menimpa pengunjung lokasi wisata,” jelasnya.

Menurutnya, dalam memaksimalkan pengawasan tersebut, setiap tahun pihaknya melakukan koordinasi dengan Pos Basarnas di Kabupaten Tanggamus agar mengirimkan personil untuk siaga di Kabupaten Pesbar.

“Kita masih mengandalkan koordinasi dengan Pos Basarnas di Tanggamus, sehingga saat libur panjang hari besar dan juga ada kecelakaan laut kami masih meminta bantuan ke Pos Basarnas Tanggamus,” terangnya.

Pihaknya berharap, kedepannya agar ada pembangunan UPT Basarnas di Kabupaten Pesbar, sehingga ada petugas yang siaga setiap saat di Kabupaten Pesbar sebagai antisipasi dampak bencana alam.

BACA JUGA:Rp2,807 Miliar untuk Pembangunan Tanggul Sungai di Pekon Bumi Hantatai

“Kami tentu sangat membutuhkan keberadaan anggota Basarnas di Kabupaten Pesbar, hal itu agar upaya pencegahan dan penanganan bencana alam bisa lebih maksimal,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: