Bupati Tanggamus Sampaikan RAPBD 2023

Bupati Tanggamus Sampaikan RAPBD 2023

Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan memimpin rapat paripurna Penyampaian rancangan APBD tahun 2023. - Foto Edi Herliansyah--

TANGGAMUS, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bupati Dewi Handajani menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2023 kepada DPRD Tanggamus pada Selasa 04 September 2022. 

Rapat paripurna Penyampaian Rancangan APBD 2023 dipimpin ketua DPRD Tanggamus, Heri Agus Setiawan didampingi wakil ketua I DPRD Irwandi Suralaga, Wakil ketua II Tedi Kurniawan dan wakil ketua III Kurnain. 

Hadir wakil Bupati AM Syafi'i, Forkopimda, Sekkab Hamid H Lubis, sekretaris DPRD Sabarudin, para asisten, kepala dinas, badan dan bagian, camat serta berbagai elemen masyarakat. 

Dewi Handajani dalam penyampaiannya mengatakan, rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 merupakan penjabaran tahun kelima pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang memuat sasaran, arah kebijakan, dan strategi pembangunan.

BACA JUGA:Datangi Sekolah, Dishub Lambar Sosialisasikan Keselamatan Berlalu Lintas

Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus tahun 2023 ditetapkan melalui Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2022 serta dalam KUA-PPAS tahun Anggaran 2023 yang telah disepakati dan tandatangani bersama. 

Dalam kedua dokumen tersebut telah digariskan bahwa tema pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2023 adalah 

“Peningkatan Produktivitas Untuk Penguatan Ekonomi dan Daya Saing Daerah,” terang Dewi. 

Sedangkan, lanjutnya, prioritas pembangunan Kabupaten Tanggamus tahun 2023 yaitu :

BACA JUGA:Warga Nahdliyin Bersama TNI-Polri Gelar Shalat Ghaib Doakan Korban Tragedi Kanjuruhan

1. Memperkuat daya dukung infrastruktur dan konektivitas kewilayahan;

2. Meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia;

3. Meningkatkan nilai tambah ekonomi, kehidupan sosial, budaya, keagamaan dan stabilitas kamtibmas;

4. Meningkatkan produktivitas dan daya saing produk unggulan daerah. 

5. Mengelola lingkungan hidup yang berkelanjutan dan mitigasi bencana;

6. Meningkatkan tata kelola pemerintahan. 

BACA JUGA:Dua Hari Operasi Zebra, Polres Pringsewu Berikan 127 Teguran dan 18 Tilang

"Disamping itu penyusunan program dan kegiatan tahun 2023 juga diarahkan untuk mewujudkan Visi Kabupaten Tanggamus yaitu Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera yang dilaksanakan melalui program inovatif dan pencapaian target 55 Rencana Aksi De-Sa ASIK," sebutnya. 

Adapun struktur RAPBD 2023 sebagai berikut :

Pendapatan Daerah Kabupaten Tanggamus dianggarkan sebesar Rp.1.754.907.721.571,- yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 145,63 Miliar Rupiah. 

Selanjutnya Pendapatan Transfer sebesar 1,5 Triliun rupiah serta Lain-Lain Pendapatan Daerah Yang Sah sebesar Rp.100,72 Miliar, ungkap bupati. 

BACA JUGA:SMAN 1 Negeri Besar Sambut Kedatangan 3 Guru Penggerak dari Bandarlampung

Sementara Belanja Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2023, dianggarkan sebesar Rp.1.734.907.721.571,- yang terdiri dari Belanja Operasi, Belanja Modal, Belanja Tidak Terduga dan Belanja Transfer.

Secara garis besar Belanja Daerah Tahun 2023 digunakan untuk pembiayaan program prioritas tahun 2023 dalam rangka infrastruktur untuk mendukung pemulihan ekonomi, pelaksanaan 55 Rencana Aksi De-Sa ASIK, pembayaran hutang pihak ketiga, disamping itu juga dialokasikan untuk pemenuhan kewajiban pemerintah daerah yang telah diatur melalui peraturan perundangan-undangan seperti pengalokasian dana desa, pemenuhan pembayaran gaji PPPK, anggaran persiapan pemilu 2024 untuk KPU, fungsi pendidikan, kesehatan, infrastruktur, peningkatan kapasitas SDM dan Inovasi Daerah serta bersinergi dengan Program Prioritas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Lampung.

Pembiayaan Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2023 secara total sebesar 20 Miliar Rupiah yang dipergunakan untuk pengeluaran pembiayaan berupa pembayaran cicilan pinjaman daerah dan penyertaan modal.

"Dengan kondisi tersebut, maka Rancangan APBD 2023 tetap dalam kondisi anggaran berimbang antara Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan Daerah," tuturnya. 

BACA JUGA:Tebing Longsor, Lahan Perkebunan Warga Bandarbaru Terdampak

Menanggapi penyampaian Tersebut Ketua DPRD Tanggamus, Heri Agus Setiawan mengatakan pembahasan akan dimulai 5 Oktober.

"Selanjutnya tanggal 17 Oktober pembahasan dimulai di tingkat badan anggaran," kata Heri Agus Setiawan. (ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: