Tebing Longsor, Lahan Perkebunan Warga Bandarbaru Terdampak

Tebing Longsor, Lahan Perkebunan Warga Bandarbaru Terdampak

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bencana tebing longsor terjadi di Pemangku Waymejadi, Pekon Bandarbaru, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Akibatnya sejumlah lahan perkebunan tanaman hortikultura milik warga rusak akibat terseret longsor

Menyikapi itu, unsur pemerintah kecamatan yang dipimpin Camat Sukau Andy Cahyadi dan Sekcam Galih Joko Purnomo telah turun meninjau lokasi sekaligus merekomendasikan pemerintah pekon setempat agar segera menyampaikan usulan penanggulangan ke BPBD.

Camat Sukau Andy Cahyadi mengatakan, bencana tebing longsor itu telah menimbulkan kerusakan terhadap areal perkebunan warga. Sehingga untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah, pihak telah meminta pekon agar segera menyampaikan laporan ke BPBD Lambar.

"Dari hasil peninjauan, kondisi itu harus segera ditangani. Sehingga kemarin pekon sudah kita minta agar segera menyampaikan laporan sekaligus usulan penanganan, mudah-mudahan bencana ini segera ditangani," ujarnya.

BACA JUGA:Masjid Al Mansyur Pasar Liwa Dibobol Maling, Dana Anak Yatim Hingga Laptop Raib

Sementara itu, Peratin Bandarbaru Nadirsyah Akmal menuturkan, bencana tebing longsor itu telah terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Namun kondisi itu diperparah akibat tingginya intensitas hujan sejak beberapa waktu terakhir ini.

"Masalahnya lokasi itu menjadi pusat pembuangan air, sehingga kerusakan bergantung pada cuaca. Ketika hujan, debit air yang besar dari jalan raya masuk ke tebing itu sehingga menggerus tanah tebing," ujarnya.

Sehingga, ia menilai dalam penanganan dibutuhkan pipa saluran pembuangan agar air tidak mengenai bibir tebing dan tidak menggerus tanah atau dengan membuat pancuran.

"Kedalaman jurang ini mencapai puluhan meter sehingga tidak memungkinkan ada upaya lain selain fokus memperbaiki sistem pembuangan air agar tidak mengenai bibir tebing dan itu yang akan kami ajukan ke BPBD Lambar," imbuhnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: