Datangi Sekolah, Dishub Lambar Sosialisasikan Keselamatan Berlalu Lintas

Datangi Sekolah, Dishub Lambar Sosialisasikan Keselamatan Berlalu Lintas

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lambar hari ini, Selasa (4/10) mendatangi sejumlah sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di wilayah Kecamatan Balikbukit, seperti SMPN Sekuting Terpadu, SMPN 1 Liwa, MTsN 1 Liwa, dan SMPN 4 Liwa.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Drs. Junaidi Jamsari, M.M mengungkapkan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat orang tua dan siswa mengenai aspek keselamatan berlalu lintas perlunya suatu gerakan sadar berlalu-lintas sejak usia dini yang disajikan dengan format yang menarik dan dilakukan secara konsisten. Dalam merealisasikan gerakan tersebut butuh dukungan dari beberapa instansi termasuk sekolah.

Terkait hal itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak sekolah agar siswa siswi yang menggunakan kendaraan abodemen roda dua (R2) dan roda empat (R4) supaya untuk tidak bergantungan di pintu mobil angkutan demi keselamatan di jalan. 

Selain itu, bagi pengendara roda dua untuk tidak kebut-kebutan dan harus menggunakan kelengkapan berkendara seperti helm, kaca spion, lampu lampu serta harus patuh dengan aturan yang berlaku sesuai dengan ketentuan Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 yaitu mengatur lalu lintas dan angkutan jalan.

BACA JUGA:Dua Hari Operasi Zebra, Polres Pringsewu Berikan 127 Teguran dan 18 Tilang

“Melalui pihak sekolah, diharapkan dapat disampaikan kepada siswa pada saat upacara sekolah, agar anak-anak sudah dapat memahami apa arti  berlalu lintas yang baik dan memberikan contoh kepada teman-teman terdekatnya bahkan ke orang yang lebih dewasa yang belum mengetahui berlalu lintas yang aman dan berkeselamatan,” ujar Junaidi.

Sebab, menurut Junaidi, keselamatan siswa-siswi bukan hanya tanggungjawab pihak sekolah atau orang tua namun juga tanggungjawab bersama. 

“Jika siswa-siswi lalai maka akan berdampak terhadap keselamatan diri sehingga yang dirugikan bukan hanya siswa itu sendiri tapi juga orang tua. Jadi kita berharap tingginya kesadaran orang tua dan siswa untuk menjaga keselamatan saat berlalu lintas dan mematuhi aturan yang berlalu,” pungkas dia. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: