Meriahkan HUT Ke-31, Pemkab Lambar Gelar Lomba Olahraga Tradisional

Meriahkan HUT Ke-31, Pemkab Lambar Gelar Lomba Olahraga Tradisional

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus didampingi Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin membuka sekaligus mengikuti berbagai perlombaan olahraga tradisional yang digelar di halaman Kantor Bupati, Sabtu (24/9/2022)

Perlombaan tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lambar ke-31 

Dalam kesempatan itu, Bupati Parosil Mabsus mengawali perlombaan tradisional dengan mengikuti olahraga paku sukha, dengan melawan tim dari Forkopimda Lampung Barat. 

Meski permainan tersebut cukup menguras tenaga namun Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin tampak begitu antusias dan semangat dalam mengikuti perlombaan. 

BACA JUGA:HUT Lambar ke-31, Sejumlah Pihak Diganjar Penghargaan

Usai mengikuti olahraga tradisional paku sukha, Parosil bersama Mad Hasnurin mengikuti perlombaan cukut undom, yang merupakan olahraga tradisional Lampung. 

Menurut Parosil olahraga tradisional seperti itu mesti dipertahankan, sebagai bentuk upaya melestarikan warisan dari nenek moyang dahulu. 

"Karena permainan-permainan seperti ini sudah mulai jarang diketahui anak-anak zaman sekarang, kita sebagai Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, sebagai orang tua berkewajiban untuk memberi pengetahuan kepada putra-putri kita," ungkap Pakcik---sapaan Parosil.

Selain itu, kata dia, lomba tradisional ini juga diadakan dalam rangka untuk mengangkat kembali tradisi permainan asli masyarakat Lambar agar tetap terjaga dan lestari.

BACA JUGA:Pemkab Lambar Gelar Upacara Peringatan HUT Lambar ke-31

Selanjutnya, Pakcik mengatakan bahwa kegiatan perlombaan tradisional yang dilakukan oleh semua unsur perangkat daerah merupakan bentuk kebersamaan dan silaturahmi menuju Lampung Barat Hebat. 

Sementara Kabid Olahraga Cekden Hamdan, S.Sos mendampingi Plt. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Burlianto Eka Putra, S.H mengungkapkan tujuan dilakukan perlombaan olahraga tradisional tersebut salah satunya untuk melestarikan permainan olahraga tradisional khas Lampung yang selama ini sudah mulai jarang peminatnya. 

"Dengan adanya perlombaan olahraga tradisional dalam rangka HUT Lambar ke-31 ini, saya berharap permainan tradisional yang ada di Lampung dapat lebih dikenal masyarakat luar daerah. Karena ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Lampung khususnya Lampung Barat memiliki olahraga yang indah dan unik," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: