Parosil Hadiri Festival Literasi 2024 Zona I Lampung Barat

Parosil Hadiri Festival Literasi 2024 Zona I Lampung Barat

Ketua Dewan Pengawas GLD Lambar Parosil Mabsus saat membagikan piala dan hadiah Lomba Majalah Dinding--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perhelatan Festival Literasi Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Barat Zona I yang Meliputi Kecamatan Kebun Tebu, Sumber Jaya dan Gedung Surian berlangsung meriah dengan ribuan peserta yang hadir.

Event tersebut dilangsungkan di Destinasi Wisata Purbakala Situs Megalitikum Batu Brak, Pekon Purajaya, Kecamatan Kebun Tebu, Kamis 29 Agustus 2024. 

Pada Festival Literasi yang diikuti peserta dari tingkat TK/PAUD, SD, SMP dan SMA Sederajat, dibuka langsung Ketua GLD Lambar Partinia Parosil Mabsus.

Turut hadir Ketua Dewan Pengawas Tim GLD Lambar Parosil Mabsus, Kepala Disdikbud Lambar Bulki Basri, S.Pd, MM., diwakili Kabid GTK Mashuri, S.Pd, M.M., Anggota DPRD Lambar Tomi Ardi, S.H., AF Yogi Amijaya, S.H, M.H., Camat Kebun Tebu Ernawati, S.E. Camat Sumber Jaya Agus Hadi Purnama, S.IP, Camat Gedung Surian Tati Sulastri, S.Sos, M.M., Koordinator Wilayah (Korwil) dari tiga kecamatan, para Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat TK dan PAUD, SD dan SMP Sederajat, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Yayasan Jantung Indonesia (YJI), dan peserta festival literasi.

BACA JUGA:Anak-Anak Jadi Korban Wabah Mpox di Kongo, Ini Gejalanya

Dalam sambutannya, Partinia yang akrab disapa Makcik menerangkan bahwa kegiatan itu mengambil tema 'Upaya Pencegahan Stunting'. 

Hal ini sebagai upaya membantu pemerintah dalam pencegahan stunting, apalagi sekarang ini dari data yang ada kasus stunting di Lambar sedikit mengalami peningkatan. 

"Melalui Festival Literasi ini, GLD Lambar mengajak orang tua dalam memberantas stunting, karena dalam mencegah bukan tugas pemerintah saja melainkan tanggung jawab bersama," terangnya.

"Mudah-mudahan dengan festival ini, kita bersama dapat mengurangi bahkan menghilangkan kasus stunting di Lampung Barat. Sehingga tercipta tumbuh kembangnya tunas bangsa yang sehat, cerdas untuk Kabupaten Lampung Barat Hebat," harapnya.

BACA JUGA:Gali Peran Pokdarwis, Disporapar Lampung Barat Monev Wisata di Rest Area

Seperti pada lomba tersebut adanya Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa telur, susu dan roti, kepada peserta lomba kategori TK dan PAUD. 

Dan itu salah satu menu makanan yang baik dalam upaya pencegahan stunting. Serta banyak jenis makanan lainnya, yang dalam konsepnya tidak harus mahal, melainkan memiliki unsur vitamin yang baik dengan bisa memanfaatkan tumbuhan lokal. 

"Harapan saya sebagai Ketua GLD Lambar mudah-mudahan stunting dapat di tekan bahkan dihilangkan dengan melakukan gerakan bersama dan bersama-sama bergerak melakukan upaya pencegahan," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, saat pembagian piala dan hadiah Lomba Majalah Dinding, Ketua  Dewan Pengawas GLD Lambar Parosil Mabsus, berpesan kepada pihak sekolah agar rajin memberikan reward kepada siswa, seperti tentang Majalah Dinding. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: