Penambahan Daya Listrik, akan Ada 402 Tapak Tower Sutet Didirikan di Lampung

Penambahan Daya Listrik, akan Ada 402 Tapak Tower Sutet Didirikan di Lampung

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung, Kusnardi--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Terkait dengan ketersediaan listrik di Provinsi Lampung saat ini masih kurang, PT. PLN (Persero) UIP Sumbagsel akan menambah infrastruktur interkoneksi jaringan listrik Gumawang Sumsel-Lampung menjadi 1500 MW yakni dua kali lipat dari sebelumnya. 

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung, Kusnardi mengatakan nantinya ada 402 tapak tower pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 KV Gumawang-Lampung akan didirikan di sejumlah daerah yang ada di Provinsi Lampung.

"Rinciannya sebanyak 337 tapak tower akan berdiri di lahan milik warga dan 65 tapak tower akan berdiri di lahan perusahaan," jelasnya,  Rabu (21/9).

Lanjutnya saat ini sedang dalam tahap persiapan dari uji publik.

BACA JUGA:Bawaslu Pesbar Mulai Buka Pendaftaran Calon Panwascam

"Setelah ini proses pelaksanaan pembebasan lahannya. Setelah itu selesai baru akan mulai dibangun oleh PLN," terangnya . 

Lanjutnya, lokasi lahan perusahaan yang akan dilalui titik tapak tower ialah PT Gunung Madu Plantation 18 tapak tower, PT Great Giant Pineapple Corporate 24 tapak tower, PT Tunas Baru Lampung 6 tapak tower dan terakhir PT Huma Indah Mekar 17 tapak tower.

Kemudian tapak tower yang berdiri di lahan milik warga berada di Kabupaten Mesuji 22 tapak tower, Tulang Bawang 10 tapak tower, Tulangbawang Barat 121 tapak tower, Lampung Tengah 145 tapak tower dan Pesawaran 7 tapak tower.

"Semoga ini bisa secepatnya dibangun, karena kita tahu Lampung masih defisit energi di puncak nya sekitar 500 MW. Kita punya 700 MW sedangkan kebutuhan 1.200 MW. Jika SUTET sudah beroperasi maka ini dua kali lipat kita surplus," pungkasnya (ded/mlo)

 

Sumber: