Bawaslu Pesbar Mulai Buka Pendaftaran Calon Panwascam

Bawaslu Pesbar Mulai Buka Pendaftaran Calon Panwascam

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) membuka penerimaan pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dalam Pemilu serentak tahun 2024, selama tujuh hari kedepan dimulai sejak Rabu (21/9), hingga Selasa (27/9) mendatang.

Ketua Bawaslu Pesbar, Irwansyah, mengatakan, Bawaslu Pesbar telah mengumumkan perekrutan calon anggota Panwascam pada Pemilu serentak 2022. 

Sehingga, bagi calon pendaftar yang telah mengambil berkas pendaftaran, baik yang datang langsung ke kantor maupun yang mengambil berkas pendaftaran melalui website Bawaslu Pesbar, diharapkan segera mengembalikan berkas pendaftaran.

“Sebab penerimaan berkas pendaftaran itu sesuai jadwal yang ada hanya tujuh hari, yang dimulai sejak hari ini sehingga ini harus menjadi perhatian bagi para pendaftar calon anggota Panwascam,” katanya.

BACA JUGA:Gelar Diskusi Lintas Agama, Terkait Polemik Pembangunan Gereja di Desa Margodadi

Dijelaskannya, tercatat ada sekitar 74 calon pendaftar yang telah mengambil berkas pendaftaran Panwascam itu ke kantor Bawaslu setempat. 

Karena itu, diperkirakan calon pendaftar yang telah mengambil berkas baik langsung maupun melalui website itu jelas lebih dari 74 orang. Sedangkan, untuk kuota pendaftaran minimal enam orang di masing-masing Kecamatan.

“Dari jumlah pendaftar di masing-masing Kecamatan itu, selain harus memenuhi jumlah minimal kuota pendaftar, juga harus memenuhi kuota 30 persen perempuan,” jelasnya.

Sehingga, jika tidak ada yang memenuhi kuota itu maka pendaftaran akan kembali diperpanjang. Namun, jika melihat dari antusias calon pendaftar dari setiap Kecamatan itu mudah-mudahan semuanya bisa memenuhi kuota, termasuk kuota perempuan. 

BACA JUGA:Pengunjung Destinasi Wisata di Lambar Tembus 1 Juta Wisatawan

Sementara itu, setelah semua berkas pendaftaran nanti diterima Bawaslu Pesbar, maka selanjutnya semua berkas itu akan dilakukan penelitian kelengkapan berkasnya pada 28-30 September 2022.

“Terkait dengan pelaksanaan tes tertulis calon anggota Panwascam tersebut rencananya dijadwalkan pada 14-16 Oktober 2022 mendatang,” jelasnya.

Masih kata Irwansyah, dalam pelaksanaan tes tertulis juga akan dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), yang nantinya peserta diambil enam besar, untuk selanjutnya dari hasil tes tertulis itu peserta yang masuk enam besar di setiap Kecamatan akan mengikuti tes wawancara pada 18-22 Oktober 2022, sehingga dari hasil tes wawancara baru akan diambil tiga orang calon Panwascam terpilih di masing-masing Kecamatan.

“Kita berhadap pelaksanaan tahapan seleksi calon anggota Panwascam di 11 Kecamatan di Pesbar ini berjalan dengan maksimal,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Sumber: