56 Madrasah dari 3 Kabupaten Ikut Sosialisasi AKMI

56 Madrasah dari 3 Kabupaten Ikut Sosialisasi AKMI

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 56 madrasah baik negeri maupun swasta yang berasal dari tiga kabupaten meliputi Kabupaten Waykanan, Pesisir Barat dan Kabupaten Lampung Barat mengikuti Sosialisasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) bertempat di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Pekon Wayempulau Ulu, Kecamatan Balikbukit, Kamis (1/9/2022).

Dari 56 Madrasah itu, 32 Madrasah berasal dari Kabupaten Way Kanan, 9 Madrasah dari Kabupaten Pesisir Barat dan 15 Madrasah berasal dari Kabupaten Lampung Barat.

Sosialisasi itu dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Lampung Barat Hi. Maryan Hasan, S.Ag., M.Pd.I didampingi Kepala Seksi Penmad Mukip Zaman, S.Pd.,M.M dan Ketua Pokjawas Erpinsyahputra, S.Ag.

Maryan Hasan menyampaikan kepada seluruh Kamad dan Operator Madrasah tingkat MI, MTs, dan MA baik negeri dan swasta agar mengikuti sosialisasi AKMI ini dengan sebaik baiknya, karena dalam teknis pelaksanaan kegiatan ini membutuhkan kejelian dan kecermatan dalam memahami banyak informasi dan data.

BACA JUGA:Pemkab Lambar Bentuk Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida

Menurutnya, tujuan dilaksanakan AKMI diantaranya untuk mengukur kemampuan dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi dan melestarikan berbagai jenis teks dalam menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

“AKMI adalah salah satu ruang untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya. AKMI digelar sebagai upaya memotret kemampuan literasi siswa madrasah. Karenanya, AKMI menjadi kegiatan penting dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran siswa madrasah,” urainya singkat.

 

Disamping itu, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama Kemenag dengan Bank Dunia melalui skema program REP MEQR atau reformasi mutu madrasah selama 2020-2024. (edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: