Orientasi Pendamping Keluarga, Camat Patoni Ajak Wujudkan Lambar Bebas Stunting

Orientasi Pendamping Keluarga, Camat Patoni Ajak Wujudkan Lambar Bebas Stunting

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pengendalian Pendudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Lampung Barat menggelar pelatihan (orientasi) tim pendamping keluarga tingkat pekon di Kecamatan Pagardewa yang dilaksanakan di aula kantor kecamatan setempat Kamis 28 Juli 2022.

Acara itu dihadiri sekaligus dibuka Camat Pagardewa Mat Patoni, S.Ip, M.Si., Kadis PPKBP3A Danang Hari Suseno yang diwakili Kabid KB dan KS Heli Puspita Wati  Kepala Puskesmas Pagardewa Desmalia, S.ST., pemateri Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Any Astuti, Pokja 4 PKK Kabupaten Lambar, dan peserta yakni tim Pendamping Keluarga sebanyak tiga orang dari tiap pekon, yakni Bidan Desa, Kader PKK dan Kader PPKD.

Disampaikan Heli Puspita dalam pelatihan tersebut diantaranya pemahaman kepada tim Pendamping keluarga tentang Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) diantaranya pemahaman tentang tentang tugas, validasi dan verifikasi keluarga berisiko stunting.

Lalu cara pendampingan terhadap calon remaja calon pengantin, remaja usia subur, ibu hamil dan ibu menyusui,  pasca melahirkan, balita nol sampai sembilan bulan bulan. 

 

Dijelaskan Heli kegiatan itu akan dilaksanakan di semua kecamatan dan Pagardewa menjadi kecamatan kelima setelah sebelumnya  dilaksanakan di Kecamatan Sekincau, Waytenong, Belalau dan Batuketulis.

Heli berharap dengan adanya pelatihan oni TPK  dapat mengetahui tentang Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)  dan melaksanakan pendampingan dengan baik. 

Intinya bisa mendukung program Bupati Parosil Mabsus dalam percepatan penurunan stunting.

Sementara dalam sambutan Camat Pagardewa Mat Patoni, S.Ip, M.Si penanganan dan pencegahan stunting  merupakan tanggung jawab bersama. 

 

Mulai dari pihak puskesmas, bidan desa, kader posyandu, kader stunting. Karena ini masalah nasional menyangkut masa depan generasi penerus.  

"Kita harus saling bahu membahu untuk melakukan penurunan angka stunting yang nantinya diharapkan untuk Kecamatan Pagardewa bisa tuntas dan bebas dari stunting. Sesuai dengan instruksi Bapak Bupati agar semua elemen berupaya untuk bersama menurunkan angka stunting di Kabupaten Lambar, sehingga nantinya  bebas dari stunting," tandasnya. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: