Warga Serbu Pemeriksaan Golongan Darah Gratis di Pasar Simpang Gadis

Warga Serbu Pemeriksaan Golongan Darah Gratis di Pasar Simpang Gadis

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Jainal Abidin (20) salah satu anggota Pramuka Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat akhirnya bisa mengetahui golongan darahnya.

"Saya senang ada kegiatan ini maka kami dari teman teman Pramuka hadir pagi ini untuk cek golongan darah kami, yang kami ketahui bahwa cek golongan darah ini bermanfaat untuk mengetahui jenis darah yang kami miliki," kata Jainal di sela-sela acara Pemeriksaan Golongan Darah Gratis oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat bertempat di Mega Los Pasar Simpang Gadis Kelurahan Tugusari, Rabu 27 Juli 2022.

Lebih lanjut disampaikan Jainal pemeriksaan golongan darah  ini penting jika suatu saat ada memerlukan transfusi darah atau berencana untuk mendonorkan darah. 

Senada dengan Jainal, Sekretaris Kecamatan Sumberjaya Heptanius Hidayatullah,S.P., mendampingi Camat Agus Hadi Purnama, S.Ip., mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PMI Lampung Barat.

BACA JUGA:Jumlah Siswa Meningkat, SMPN 2 Kebuntebu Butuh Peningkatan Sarpras

"Ini kegiatan yang sangat penting,  kesulitan kita ketika masyarakat Sumber Jaya ada yang memerlukan transfusi darah akan terbantu, ini saya lihat lengkap ada nama alamat no hape dan golongan darahnya, jadi ketika masyarakat di pekon (desa) ada yang membutuhkan darah untuk transfusi maka kita di kecamatan akan cepat merespon bersama aparat pekon kebutuhan tersebut," jelas Hepta.

Sementara Ketua PMI Lambar Edi Novial, S.Kom., mengatakan, terkait Program Pemeriksaan Golongan darah ini PMI ada kuota sebanyak 7.500 peserta di sebar di 15 Kecamatan atau di 131 pekon dan Lima kelurahan.

Edi Novial kemudian mengatakan bahwa ada alasan penting dari mengetahui golongan darah yaitu memudahkan dokter dan tenaga medis lain apabila ada yang mengalami keadaan gawat darurat, seperti kecelakaan hebat atau pendarahan saat melahirkan dan butuh transfusi darah secepatnya .

"Kita di PMI kerap mendapat telepon dari masyarakat yang membutuhkan golongan darah untuk transfusi, nah dengan adanya kegiatan ini maka PMI Lampung Barat memiliki data base masyarakat Lampung Barat dengan golongan darah yang dimilikinya, sehingga nantinya akan ada respon cepat menjawab kebutuhan akan transfusi darah karena PMI memiliki data nama alamat no hape dan golongan darah yang dimilikinya, ini akan sangat membantu pihak pihak yang membutuhkannya," kata Edi Novial.

BACA JUGA:Pelaksanaan Pilratin Berjalan Tertib

Kegiatan Pemeriksaan Golongan Darah di Kecamatan Sumberjaya adalah kegiatan awal yang selanjutnya akan dilaksanakan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Lampung Barat. 

Hadir pada kegiatan tersebut Camat dan Sekcam Sumberjaya, para peratin dan Lurah se Kecamatan Sumberjaya, Kepala Puskesmas Sumberjaya, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Pengurus PMI Kabupaten dan PMI Kecamatan Sumberjaya. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: