Bupati Lamtim Monitor Kemajuan Penanganan dan Pembersihan Ceceran Minyak

Bupati Lamtim Monitor Kemajuan Penanganan dan Pembersihan Ceceran Minyak

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk memastikan penanganan dan pembersihan ceceran minyak di pesisir Lampung Timur berjalan dengan baik sesuai prosedur, Bupati Lampung Timur melakukan pertemuan dengan pimpinan PHE OSES di Jakarta, Rabu 20 Juli 2022.

Hadir bersama sejumlah pejabat antara lain Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Bapenda dan Camat Labuhan Maringgai Lampung Timur. Dalam pertemuan tersebut, General Manager PHE OSES, Antonius Dwi Arinto, memberikan update penanganan kebocoran pipa bawah laut yang telah diselesaikan dan upaya yang telah dilakukan untuk meminimalkan dampak yang terjadi. 

Menanggapinya, Pemerintah Lampung Timur memberikan apresiasi atas upaya maksimal yang telah dilakukan PHE OSES dalam melakukan pembersihan dengan cepat dan melibatkan masyarakat setempat. 

“Kami mengapresiasi gerak cepat PHE OSES dalam melakukan pembersihan dan tetap meminta perusahaan untuk menuntaskan pembersihan sekaligus memastikan hal yang sama tidak terulang lagi di kemudian hari,” ungkap Andi Kristianto selaku Kepala DLH Lampung Timur. 

BACA JUGA:Limbah Aspal di Lamtim 80 Persen Tertangani, DLH Lampung: Itu Tidak Mempengaruhi Ekosistem Laut

Bupati mengingatkan koordinasi dan kerjasama penting untuk dilanjutkan, melalui komunikasi satu pintu supaya efektif. 

“Monitoring terhadap wilayah terdampak agar tetap dilakukan guna memastikan pembersihan yang dilakukan dapat diselesaikan dengan baik,” ujar Bupati Lampung Timur, Drs. H. M. Dawam Rahardjo M.Si.,

PHE OSES berkesempatan memberikan paparan terkait kegiatan operasional perusahaan termasuk kontribusi yang diberikan. 

“Beberapa program pemberdayaan masyarakat telah dijalankan oleh PHE OSES yakni renovasi sekolah dan prasarana berbasis komputer untuk mendukung pembelajaran. Di bidang kesehatan, perusahaan mendorong peningkatan fasilitas kesehatan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya stunting di Labuhan Maringgai,” papar Agus Suprijanto selaku Senior Manager Regional Jawa.

BACA JUGA:Kebocoran Pipa PHE OSES Belum Berdampak ke Perairan Pahawang

PHE OSES juga berupaya melestarikan kearifan lokal dengan mendukung kegiatan syukuran Nyadran serta berkomitmen dalam menjalankan program pelestarian lingkungan berupa penanaman mangrove di Labuhan Maringgai. 

“Masyarakat ikut terlibat dalam pembibitan mangrove, untuk menumbuhkan rasa memiliki dengan turut merawat mangrove tersebut,” pungkas Agus Suprijanto.

Pemerintah Lampung Timur mendukung penuh operasi PHE OSES dengan tetap menjalin kerja sama dalam menjalankan Program Pemberdayaan Masyarakat setempat.

“Program yang selama ini dilakukan diharapkan dapat terus dikembangkan demi peningkatan kesejahteraan, pendidikan, kesehatan masyarakat,” ujar Camat Labuhan Maringgai, Agustinus Tri Handoko.  (*/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: