Meninggal dalam Status Suspect Covid-19, Pasien Isolasi RSUDAU Dimakamkan Sesuai Prokes

Meninggal dalam Status Suspect Covid-19, Pasien Isolasi RSUDAU Dimakamkan Sesuai Prokes

Medialampung.co.id - Ny. S (59) warga Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat, yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Lampung Barat meninggal dunia dalam keadaan suspect Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Prosesi pemakaman Ny. S dilakukan melalui Protokol Kesehatan (Prokes) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) komplek Kebun Raya Liwa (KRL) Pekon Kubuperahu Kecamatan Balikbukit Jumat (29/1). 

Direktur RSUDAU dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp. B., melepas langsung keberangkatan prosesi pemakaman Ny. S yang diketahui telah lama memiliki usaha kantin di komplek rumah sakit plat merah tersebut. 

"Kami keluarga besar rumah sakit menyampaikan turut berduka cita, bude (Ny.S) sudah kami anggap sebagai keluarga besar kami di rumah sakit, kami sudah lama mengenal almarhumah, alhmarhumah adalah orang baik, dan semoga almarhumah meninggal dalam keadaan husnul khotimah," ungkap Wawan---sapaan Widyatmoko Kurniawan. 

Sementara itu, Satgas Penanganan Covid-19 Lambar Bidang Komunikasi Publik Erna Yanti, S. Farm, Apt, MPH., mengungkapkan, Ny. s meninggal dalam keadaan suspect Covid-19, karena itu prosesi pemakamannya dilakukan sesuai Protokol Kesehatan (Prokes). 

"Almarhumah menjalani isolasi sejak tanggal 26 Januari 2021 malam, dan meninggal dunia subuh tadi.  Hasil Swab Ny. S belum keluar, ia meninggal dalam keadaan suspect sehingga prosesi pemakamannya dilakukan sesuai Prokes," kata dia. 

Dilain pihak, Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Lambar Maidar, SH, M. Si., mengatakan, prosesi pemakaman sesuai Prokes, dengan melibatkan tenaga kesehatan (Nakes) dengan APD lengkap. 

"Iya, pemakaman kita lakukan dengan standar yang ada, karena almarhumah meninggal dalam keadaan suspect Covid-19," pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: