Kasus Covid di Lambar Meningkat, Petugas Disbunnak Tetap Standby 24 Jam

Kasus Covid di Lambar Meningkat, Petugas Disbunnak Tetap Standby 24 Jam

Medialampung.co.id - Meski kasus Covid-19 di Kabupaten Lambar terus mengalami peningkatan, namun tak mempengaruhi kinerja petugas pos lintas ternak yang ada di Kecamatan Sumberjaya dan Kecamatan Sukau.

“Ditengah pandemic Covid-19, petugas kita tetap standby 24 jam memberikan pelayanan yaitu melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kesehatan setiap ternak yang dibawa keluar daerah maupun ternak yang masuk ke Kabupaten Lambar, serta ternak yang sifatnya hanya melintas,” ujar Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Minggu (31/1)

Kata dia, petugas setiap harinya dibagi tiga shift untuk bertugas melakukan pengawasan dan pemeriksaan di pos lintas ternak di perbatasan tepatnya di Pinusan Kecamatan dan Kecamatan Sukau.

“Untuk antisipasi, kita minta untuk lebih diintensifkan karena saat ini sedang ada wabah virus corona. Kita juga berharap kepada petugas untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya. 

Menurut Agustanto, pada pos lintas ternak Sumberjaya dan Kecamatan Sukau itu petugas memiliki kewajiban untuk mendata dan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan setiap ternak yang dibawa keluar daerah  maupun ternak yang datang dari luar masuk ke Lambar serta ternak yang sifatnya hanya melintas saja.

“Untuk ternak yang dibawa keluar selain diperiksa kesehatannya juga dicatat termasuk daerah yang dituju. Ternak yang diperiksa antara lain sapi, kambing, ayam,” kata dia. 

Lanjut dia, tujuan dari operasional pengawasan lalu lintas ternak adalah mencegah masuknya penyakit hewan menular dan mencegah keluarnya hewan menular dari Lambar, mencegah penyebaran penyakit hewan menular.

Lalu, terdatanya jumlah dan jenis komoditas ternak yang disuplai (masuk, keluar dan lewat) dari/ke Kabupaten Lambar, serta mengetahui surat kelengkapan ternak yang masuk atau keluar dari Kabupaten Lambar.

“Dengan adanya pengawasan dan pemeriksaan ini, semoga ternak yang masuk dan keluar Lambar aman dan tidak sakit,” tandasnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: