PKBI Lambar Bina Sekaligus Bentuk Pengurus Kelompok Bina Anaprasa “LENTERA” 

PKBI Lambar Bina Sekaligus Bentuk Pengurus Kelompok Bina Anaprasa “LENTERA” 

Medialampung.co.id - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat menggelar pembinaan sekaligus pembentukan pengurus Kelompok Pembinaan Anak Pra Sekolah (Bina Anaprasa) di Pemangku Suka Makmur Pekon Bandar Baru Kecamatan Sukau.

Hal itu diungkapkan Sekretaris PKBI Cabang Lambar Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang Lambar Partinia, S.Pd, M.M, Jumat (23/10)

Menurut Sandarsyah, Kelompok Bina Anaprasa yang berada di Pemangku Suka Makmur Pekon Bandar Baru sepakat memberi nama kelompoknya, “LENTERA” yang merupakan singkatan dari LEMbah Nurani dan TEnggang Rasa.

Sedangkan kepengurusan organisasi yang terbentuk, Yunainy (Ketua), Muhimah  (Sekretaris), dan Endah Dwi Utami (Bendahara). Lalu, Fasilitator Kelompok Usia 0 - 1 tahun (Fokus 1) Selviana, Fasilitator Kelompok Usia 1-2 tahun (Fokus 2) Winarsih, dan Fasilitator Kelompok Usia 2-3 tahun (Fokus 3) Ade Mentari. Selanjutnya, Fasilitator Usia 3-4 tahun (Fokus 4) Siti Komariah, Fasilitator Usia 4-5 tahun (Fokus 5) Veny Marsela, dan Fasilitator Usia 5-6 tahun (Fokus 6) Rosi Dahlia.

“Bina Anaprasa merupakan pendidikan anak pra sekolah dengan sasaran usia 0-6 tahun dan melakukan pembinaan kepada orang tua peserta Bina Anaprasa khususnya di bidang Keluarga Berencana (KB), Kesehatan, kebersihan lingkungan, dan peningkatan ekonomi keluarga,” ungkapnya. 

Dengan demikian, lanjut dia, Bina Anaprasa merupakan pendidikan yang mengandung sistem dua kamar. Pada saat anak-anak yang tergabung dalam Bina Anaprasa melakukan kegiatan belajar sambil bermain, secara bersamaan di ruangan yang lain, orang tuanya diberi bekal pengetahuan oleh kader pengelola Bina Anaprasa.

Materi pengetahuan yang disampaikan berupa KB, Kesehatan, kebersihan lingkungan, dan peningkatan ekonomi keluarga serta materi pengetahuan praktis lainnya.

Seperti diketahui masa Balita merupakan masa kritis dalam pengasuhan, karena jika orang tua gagal dalam mengasuh dan mendidik anak pada masa ini, akan berdampak buruk di kemudian hari.

Masa Balita adalah periode emas bagi orang tua untuk mengembangkan potensi anak yang dimiliki secara optimal.

Dengan demikian diharapkan nantinya anak akan tumbuh kembang dengan baik yaitu sehat, cerdas ceria, kreatif, dan berbudi pekerti yang luhur.

Lebih jauh Sandarsyah mengatakan, kegiatan Bina Anaprasa juga sejalan dengan visi organisasi PKBI yaitu memperjuangkan praktik keluarga yang bertanggung jawab yakni keluarga yang melakukan tanggung jawabnya dalam lima dimensi yaitu, Kelahiran, Pendidikan, Kesehatan, Masa Depan, dan Kesejahteraan.

Diharapkan dengan terbentuknya kelompok Bina Ana Prasa “Lentera”  di Pemangku Sukamakmur dapat meningkatkan kesejahteraan Balita dan Ibu khususnya, dan kesejahteraan keluarga pada umumnya yang ada di pemangku Suka Makmur.

“Dengan terbentuknya  Kelompok Bina Ana Prasa “LENTERA” di Pemangku Suka Makmur Pekon Bandar Baru Kecamatan Sukau ini, maka merupakan satu-satu kelompok Bina Ana Prasa yang ada di Kabupaten Lampung Barat bahkan satu-satunya yang ada di Provinsi Lampung,” pungkas Sandarsyah seraya menambahkan, hadir pada kegiatan pembinaan sekaligus pembentukan pengurus Kelompok Pembinaan Anak Pra Sekolah (Bina Anaprasa) di Pemangku Suka Makmur tersebut Wakil Ketua PKBI Cabang Lampung Barat Drs. Tono Suparman bersama beberapa pengurus lainnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: