Jelang Hari Raya Kurban, Disbunnak Lambar Bakal Bentuk Tim 

Jelang Hari Raya Kurban, Disbunnak Lambar Bakal Bentuk Tim 

Medialampung.co.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar akan membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan  hewan qurban di tingkat kecamatan.

“Untuk pemeriksaan hewan qurban tersebut akan kita laksanakan H-7 hingga H+7 hari raya Idul Adha,” kata Kabid Peternakan Al Ma’arif, S.I.P mendampingi Kepala Disbunnak Agustanto Basmar, S.P, M.Si.

Menurut dia, pemeriksaan hewan kurban tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pihaknya setiap tahun dan  pemeriksaan tersebut meliputi Ante Mortem dan Post Mortem.

“Pemeriksaan hewan qurban tersebut untuk memastikan semua hewan qurban dalam keadaan sehat. Jika nanti ditemukan hewan yang dalam kondisi kesehatan tidak baik, maka disarankan untuk tidak dikurbankan. Begitu juga kalau kita temukan ada penyakit cacing hati, maka kita rekomendasikan agar hatinya harus dibuang dan tidak dibagikan kepada masyarakat,” akunya.

Tahun ini, kata Alma’ Arif, pihaknya tidak melaksanakan pelatihan juru sembelih hewan qurban karena keterbatasan anggaran dampak adanya wabah Covid-19. 

“Jadi untuk tahun ini kita tetap memberdayakan juru sembelih hewan qurban yang telah dilatih di tahun sebelumnya yang ada di tingkat pekon. Mereka nanti akan membantu kita untuk ikut mengawasi kesehatan hewan qurban dalam rangka mendapatkan produk pangan yang memenuhi kriteria/unsur aman, sehat, utuh dan halal (ASUH),” pungkas dia seraya menambahkan, ternak sapi yang dikurbankan minimal berusia 2 tahun sedangkan kambing 1,5 tahun, serta dalam keadaan sehat. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: