Selasa, Forum Remaja SURGAWI PKBI Gelar Pemilihan MM. Masker 20

Selasa, Forum Remaja SURGAWI PKBI Gelar Pemilihan MM. Masker 20

Medialampung.co.id - Forum Remaja SURGAWI Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang  Lampung Barat menggelar kegiatan pemilihan Muli Mekhanai Masker 2020 (MM. Masker 20) Kabupaten Lampung Barat.

"Kegiatan yang bertajuk MAu Sehat (jangan sering) KEluar Rumah (MASKER) akan digelar di Pasar Liwa pada Selasa (7/7) pukul 09.00 WIB,” kata Sekretaris PKBI Cabang Lambar Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang setempat Partinia, S.Pd,  M.M, Minggu (5/7).

Selanjutnya kata Sandarsyah, syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi calon peserta adalah muli-mekhanai berusia 12-24 tahun dan mengisi formulir pendaftaran. dan pendaftaran tidak dipungut biaya (gratis).

Peserta dapat memilih salah satu dari enam pilihan tema lomba yang disediakan  yaitu:

  1. Ayo Pakai Masker
  2. Ayo Jaga Jarak
  3. Ayo Cuci Tangan
  4. Ayo Berolahraga
  5. Ayo Selalu Berdoa
  6. Ayo Bersedekah.

Sedangkan kriteria penilaiannya adalah Bentuk Masker yang unik dan kreatif, berpenampilan fashion, dan komunikatif dalam mengajak audiens sesuai dengan tema yang dipilih. 

"Masing-masing juara pertama baik muli maupun mekhanai akan mendapatkan selempang MM. Masker 20, piagam, dan uang pembinaan. Sedangkan untuk juara kedua dan ketiga hanya mendapatkan piagam dan uang pembinaan," ungkap dia

Lanjut dia, bagi calon peserta yang berminat dapat menghubungi narahubung lomba : Ari (082289985695) atau Mala (081274793330).

"Panitia berharap lomba ini dapat diminati dan diikuti banyak peserta, sehingga lomba ini dapat menjadi ajang kompetisi yang bagus bagi para remaja di masa New Normal ini. Oleh karena diminta kepada para remaja untuk segera mendaftar dengan memberi konfirmasi kepada narahubung Lomba di atas," ucapnya

Menurut dia, masker kain bermanfaat dalam rangka mencegah mewabahnya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Masker kain digunakan sebagai pengganti masker medis untuk mengurangi resiko penularan Covid-19.

Masker wajib  dipakai pada saat di luar ruangan atau berada di area publik. Agar efektif pemakaian masker kain hendaknya dikenakan maksimal selama empat jam terus menerus, setelah itu harus dilepas untuk dicuci atau diganti dengan masker yang baru.

Lanjut Sandarsyah, berikut panduan penggunaan masker yang baik dan benar yaitu, masker terpakai secara pas dari atas hidung hingga dagu dan kedua sisi wajah, berbahan kain yang kuat, tidak mudah rusak ketika dicuci, dan  disarankan agar  berbahan anti air atau tahan terhadap cairan.

Lalu, masker terdiri dari beberapa lapis kain, setidaknya dua lapis, hendaknya dilengkapi dengan tali yang diikat ke belakang atau karet yang dipasang di telinga, dan pada saat penggunaannya tetap harus dapat bernafas dengan lega.

“Terakhir, sebelum menggunakan masker, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu, jangan menyentuh-nyentuh masker, apalagi menurunkannya hingga ke dagu, serta pada saat melepas masker disarankan dengan cara membuka tali atau karetnya langsung,  bukan dengan menarik masker,” pungkas Sandarsyah. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: