Tegal Mas Dipenuhi Sampah, Dendi Janji Selidiki Sumbernya

Tegal Mas Dipenuhi Sampah, Dendi Janji Selidiki Sumbernya

Pengelola wisata Tegal Mas bersama masyarakat saat membersihkan pantai--

Medialampung.co.id - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona akan menyelidiki terlebih dahulu terkait sumber sampah yang mencemari Teluk Lampung hingga mengotori sejumlah destinasi wisata di Pesawaran.

"Kita cari tahu sumber sampahnya ini dari mana, apakah keluar dari muara atau memang ada unsur kesengajaan orang-orang dari darat yang membuang sampah ke laut," ungkap Dendi Ramadhona, Senin (20/6).

Dikatakan, saat ini memang masuk pada musim angin barat. Dimana, biasanya angin barat kerap membawa sampah yang menuju ke perairan, termasuk Pesawaran. 

Seperti di Pulau Tegal Mas, sebelum menjadi destinasi wisata, Tegal Mas memang menjadi lokasi pertemuan sampah. Karena letak geografisnya juga mendukung untuk pertemuan sampah tersebut

"Makanya saat ini kita masih menunggu hasil penyelidikan ini. Kalau memang ada unsur kesengajaan buang sampah ke laut, tentunya akan kita laporkan ke pihak yang berwajib. Namun kalau ini karena faktor alam tentunya akan kita cari jalan keluar dan solusinya bersama-sama dengan Pemkot dan juga Pemprov, apakah akan kita buatan filter-filter di setiap muaranya," ucapnya

Untuk itu, Dendi mengimbau kepada seluruh pengelola wisata yang ada di Kabupaten Pesawaran, agar dapat menjalankan program yang telah dikeluarkan oleh Pemkab Pesawaran terkait dengan libur sehari dalam seminggu yang diperuntukkan untuk bersih-bersih.

"Program itukan khusus untuk di daratnya, namun kalau untuk di perairannya ini yang kami masih kesulitan, karena masih ada yang merasa tidak bertanggung jawab atas perairan ini," imbaunya.

Terpisah, pengelola Tegal Mas, Kanjeng menambahkan, sampah yang datang diakibatkan karena musim hujan dan juga faktor cuaca. Namun, pihaknya berharap adanya kesadaran masyarakat khususnya di wilayah pesisir tidak membuang sampah ke laut.

 

"Karena faktor angin, kita hanya dapat kiriman (sampah *red) saja. Namun, kita bersama Pemda sudah ada program luhur sehari untuk bersama-sama membersihkan sekitar wilayah pantai," singkatnya.(ozi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: