Ratusan Goweser Ikuti Funbike Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di KRL

Ratusan Goweser Ikuti Funbike Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di KRL

Medialampung.co.id - Ratusan goweser yang tergabung di sejumlah club di Kabupaten Lampung Barat, Lampung Timur dan Lampung Utara (Lampura), pada funbike yang digelar oleh Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerjasama dengan Liwa Gowes Community (LGC) yang dipusatkan di Kebun Raya Liwa (KRL), Minggu (5/12). 

Funbike yang mengambil titik Start di jalur dua depan Kantor Bupati dan finish di KRL yang dibuka langsung oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus bersama Ketua TP-PKK Partinia, serta dihadiri para pejabat di lingkungan Pemkab setempat itu, dalam rangka perayaan hari Lingkungan Hidup Sedunia, sekaligus perayaan hari konservasi alam nasional, hari cinta puspa dan satwa nasional serta ulang tahun ke-4 KRL. 

Pakcik---sapaan Parosil Mabsus mengungkapkan, funbike yang diselenggarakan ini merupakan sebuah rangkaian daripada beberapa kegiatan dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang diselenggarakan oleh Pemkab Lambar. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada pihak panitia penyelenggara dan kepada pihak sponsor, dimana pada tahun ini kita mendapatkan kehormatan dari teman-teman GGS, dari teman-teman Dino yang sama mengartikan pentingnya pemahaman terkait dengan konservasi," ungkapnya. 

Karena, lanjut dia, konservasi itu isinya sangat luas, bukan hanya bicara masalah menanam pohon atau menanam kayu, tetapi pada intinya adalah mencintai apa yang ada di muka bumi ini, baik binatang, tumbuh-tumbuhan termasuk ekosistem yang lainnya.Tidak kalah pentingnya adalah kebersihan.

"Hari ini kegiatannya merupakan dari puncak daripada peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang diselenggarakan oleh dinas lingkungan hidup. Saya memberikan apresiasi mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini, sepeda santai dan kegiatan-kegiatan lainnya akan terpupuk rasa kecintaan, rasa kepedulian dan rasa ikut keprihatinan daripada seluruh masyarakat Lambar," kata dia.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini mari tanamkan rasa kecintaan kita terhadap lingkungan kita dan mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini akan menumbuhkan kesehatan jasmani dan rohani.

"Saya juga menyampaikan terimakasih kepada beberapa OPD yang tadi sudah mendapatkan penghargaan terkait dengan keinginannya untuk menerapkan di lingkungannya terkait kebersihan dan kesehatan, mudah-mudahan dapat dipertahankan dan akan menjadi motivasi bagi dinas lain yang mungkin tahun ini belum mendapatkan apresiasi dari pemerintah," ujarnya. 

Sementara kepala DLH Lambar Ir. Hi. Ansari menyampaikan, perayaan hari Lingkungan Hidup Sedunia, sekaligus perayaan hari konservasi alam nasional, hari cinta puspa dan satwa nasional serta ulang tahun ke-4 KRL diselenggarakan atas dukungan dari LGC, Yayasan Badak Indonesia dan WCS. 

Ansari juga menyinggung soal pengembangan KRL, dengan menggandeng Fakultas MIPA Universitas Lampung (Unila) Jurusan Biologi, terkait pengembangan anggrek yang menjadi tanaman khas Lambar dan kedepannya bisa dibawa oleh para pengunjung. 

Selanjutnya dilakukan pembagian doorprize berupa tujuh unit sepeda dan hadiah menarik lainnya bagi pemenang undian kupon gowes yang diundi dalam acara tersebut. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: