Vaksinasi 500 Dosis Sinovac Puskesmas Gedungsurian Star di Pekon Trimulyo Lancar 

Vaksinasi 500 Dosis Sinovac Puskesmas Gedungsurian Star di Pekon Trimulyo Lancar 

Medialampung.co.id - Pelaksanaan Vaksinasi Dosis Pertama Covid-19 di Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) berjalan lancar. 

Kegiatan vaksinasi jenis Sinovac yang dipantau langsung Camat Gedungsurian M. Agus Setiawan, S.E, M.M., Peratin Trimulyo Buchori, S.P., Senin (27/9) tersebut, disambut antusias warga yang mendaftarkan diri untuk divaksin. Dimana hingga berita ini diturunkan jumlah yang mengikuti sebanyak 160 orang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas setempat NS Asmunidin, S.Kep., mengatakan dalam vaksinasi yang dilangsungkan kali ini jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 500 dosis untuk masyarakat Lima pekon di kecamatan tersebut.

Dimana di hari pertama dihelat di Pekon Trimulyo, dan hari berikutnya akan dilaksanakan di Puskesmas setempat untuk pelayanan warga Pekon Puramekar dan Mekarjaya. 

Berikutnya akan dilangsungkan di Pekon Gedungsurian, untuk warga pekon itu dan Pekon Ciptawaras pada peresmian Balai Pekon setempat. 

"Lokasi vaksinasi dosis pertama kali ini kita laksanakan di tiga tempat, pertama Pekon Trimulyo, kedua Kantor Puskesmas dan ketiga di Pekon Gedungsurian. Dengan total keseluruhan 500 dosis, sasaran warga usia dari Dua belas Tahun hingga Lanjut Usia (Lansia)," tegasnya.

Disebutkan dalam pelaksanaan vaksinasi petugas betul-betul memperhatikan kondisi kesehatan warga, dimana jika ada ditemukan ada yang tidak fit seperti masih batuk, pilek maag atau komorbid lainnya maka di batalkan (cancel). Hal itu sebagai upaya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti mengalami sakit yang dikaitkan akibat divaksin. 

Terpisah Camat Agus meminta masyarakat untuk tidak ragu apalagi menolak diberikan vaksinasi. Karena dengan diberikan vaksinasi sebagai upaya mengurangi resiko angka kematian akibat covid-19. "Saya minta masyarakat tidak termakan isu yang tidak benar sehingga enggan divaksin meskipun mendapatkan panggilan," singkatnya.

Ditempat lain Peratin Trimulyo Buchori, S.P., menyampaikan terimakasih kepada pihak medis maupun warga. "Target kami di Pekon Trimulyo sebanyak-banyaknya warga tervaksin, untuk menjadikan pekon aman covid. Karena warga  terlindungi dengan vaksin," harapannya.

Pihaknya juga menyebutkan dalam upaya vaksinasi untuk saat ini diprioritaskan warga atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM Bantuan Sosial sebagaimana Peraturan Presiden (Perpres) Tahun 2021.

Oleh sebab itu kata Buchori berhubungan vaksin masih banyak maka dimaksimalkan pemanfaatannya.

"Alhamdulilah dengan dilakukan vaksin di kampung halaman sendiri. Memudahkan warga menjalani vaksinasi. Karena itu harapan kami dalam vaksinasi seperti ini jumlah (dosis) dibanyakkan agar petugas puskesmas bisa melayani lebih maksimal dan efisien waktu," harapannya.

Dikatakannya Tanggal 5 Oktober nanti akan kembali dilangsungkan vaksinasi. Karena itu masyarakat diminta untuk bersiap-siap seperti dalam menjaga kesehatan tubuh. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: