Puluhan Hektar Sawah di Kebuntebu Terendam Banjir 

Puluhan Hektar Sawah di Kebuntebu Terendam Banjir 

Medialampung.co.id - Sekitar 20-an hektar areal persawahan warga Pekon Muarajaya II, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat yang mendekati usia panen, terendam banjir luapan Sungai Tribudi Makmur dari Gunung Rigis pada Senin (12/12) Pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari Penyuluh Pertanian Lapangan wilayah Muarajaya II Yazid mendampingi Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Nur Budiman, S.P., luapan Kali Tribudi Makmur dari Gunung Rigis jarang terjadi kecuali memang tingginya intensitas hujan. 

Dan dari perkiraan pihaknya sekitar 20-an hektar areal sawah yang terdampak, namun berapa kerusakan belum dapat dipastikan walaupun diprediksi biasanya kerusakan yang ditimbulkan sekitar 20 persen, seperti padi yang tertimbun material tanah atau juga batang padi terseret banjir. 

Dijelaskannya, di wilayah Kecamatan Kebuntebu sendiri mayoritas tanaman padi sudah menguning.

"Sebagian besar dari 700-an hektar areal sawah produktif di wilayah ini mata air bersumber dari Way Besai. Kita berharap curahan air hujan semakin berkurang dan tidak menyebabkan banjir atau meluapnya sungai Besai yang akan mengganggu petani melaksanakan panen," harapannya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: