Dihadiri Camat, Pekon Sukapura Salurkan BLT-DD Gelombang Dua

Dihadiri Camat, Pekon Sukapura Salurkan BLT-DD Gelombang Dua

Medialampung.co.id - Setelah menyelesaikan tahapan awal yakni Musyawarah Desa Khusus (Mudesus) beberapa waktu lalu, akhirnya Pekon Sukapura, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bulan pertama gelombang Dua untuk periode Juli.

Penyaluran BLT-DD Tahap Pertama Gelombang Dua, yang dilaksanakan di balai Pekon Sukapura Senin (27/7) dihadiri langsung oleh Camat Sumberjaya Agus Supriatna, S.P., yang berkenan menyerahkan secara simbolis bantuan uang tunai sebesar Rp300 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Hadir juga petugas pendamping lokal desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, jajaran aparatur pekon, dan unsur Lembaga Hippun Pemekonan (LHP).

Dalam sambutannya Agus Suriatna menegaskan bahwa besaran bantuan yang disalurkan di gelombang Dua tersebut bukan keputusan pekon atau Pemkab Lambar tetapi peraturan dari undang-undang.

"Atas nama masyarakat atau KPM menyampaikan terimakasih kepada pemerintah, walaupun saat ini sudah swasana New Normal tapi perhatian pemerintah kepada masyarakat terdampak Covid-19 terus berlangsung," ungkapnya.

Lanjutnya sesuai dengan surat edaran Bupati Lambar Parosil Mabsus,  Program BLT  dari dana desa diperpanjang hingga September, tetapi nilainya Rp300 ribu/bulan dari sebelumnya Rp600 ribu.

Dan untuk jumlah KPM disesuaikan dengan kondisi keuangan pekon. Artinya tidak lagi diatur kuota penerima seperti gelombang pertama.

Untuk itu Agus minta semua pihak dapat menjelaskan kepada masyarakat agar tidak salah informasi. Dan teknis pembagian, tetap dilakukan secara tunai, dan diterima utuh Rp300 ribu oleh warga. 

Sementara Peratin Setiawati melalui juru tulis Afip Nurdiansah, penyaluran BLT-DD gelombang Dua yang saat ini penyalurannya untuk bulan pertama (Juli), setelah disahkannya peraturan peratin Pekon Sukapura tentang nama-nama penerima manfaat. Dengan total penerimaan sebanyak 66 KPM atau mengalami penurunan dari tahap pertama sebanyak 152 KPM. 

Sekedar diketahui saat ini beberapa pekon di Kecamatan Sumberjaya sudah siap menyalurkan BLT-DD gelombang II, namun agar pihak kecamatan dan unsur kecamatan lainnya dapat menyaksikan penyerahan maka dilakukan jadwal bergilir. 

Dan untuk hari kedua pada Selasa (28/7) menjadi giliran Pekon Waypetai.

"Iya Senin ini Pekon Sukapura, besok Pekon Waypetai, dan penyaluran juga akan kami langsungkan di balai pekon," tegas Peratin Sutan Sahril. (rin/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: