APBDes Perubahan Pekon Muarabaru Bangun Tiga Fisik dan Silpa Rp45 Juta 

APBDes Perubahan Pekon Muarabaru Bangun Tiga Fisik dan Silpa Rp45 Juta 

Medialampung.co.id - Berkat upaya yang tepat dalam memanage penggunaan 8% minimal Anggaran Dana Desa (ADD) untuk penanganan Covid-19, Pemerintah Pekon Muarabaru, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Dalam realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) perubahan mampu merealisasikan target awal pembangunan, berupa pembangunan pagar komplek balai pekon, Talud Penahan Tanah (TPT) dan Taman Pekon, serta memiliki Silpa sekitar Rp45 juta. 

Dikemukakan Peratin Sanan, selama kondisi pandemi Covid-19 masih tinggi-tingginya, disyukuri di pekon tersebut kondisi tidak terlalu buruk, jadi dana 8% minimal untuk DD terealisasi 45-50%.

"Dana silpa juga karena beberapa kegiatan masyarakat seperti pengajian yang sifatnya mengumpulkan orang banyak dipending sehingga anggaran tidak terpakai," sebutnya. 

Sanan memastikan meskipun tiga kegiatan fisik perubahan masih berlangsung, namun dipastikannya sebelum tutup tahun kegiatan selesai, karena untuk pemagaran sudah 70%, TPP telah 50% dan Taman 40%.

"Insyaallah kegiatan kita selesaikan sebelum ganti tahun sesuai dengan skedul," imbuhnya

Sementara untuk Program Padat Karya Tunai PKTD, dialokasikan kegiatan pembukaan badan jalan.

"Untuk pembukaan badan jalan ini memang sudah menjadi kebutuhan diantaranya karena perkembangan pemukiman yang terus tumbuh," ujar pihaknya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: