46 Petahana Maju Kembali di Pilratin Serentak 2022

46 Petahana Maju Kembali di Pilratin Serentak 2022

Medialampung.co.id - Bursa pencalonan pada Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak di 60 pekon di Kabupaten Lampung Barat tahun 2022 didominasi oleh Petahana. 

Dari 60 pekon yang akan melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan tersebut, sebanyak 46 pejabat peratin kembali mencalonkan kembali untuk periode kedua, sementara bursa pencalonan di 14 pekon lainnya merupakan wajah-wajah baru. 

Kabid Pemerintahan Pekon pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Lambar Ruspel Gultom mengungkapkan, untuk 46 pekon tersebut pejabat peratin sebelumnya bisa mencalonkan kembali, karena baru menjabat satu hingga dua periode. 

"Sementara untuk 12 pekon pejabat peratin sebelumnya tidak lagi bisa mencalonkan karena sudah menjabat tiga periode, selanjutnya ada dua pekon yang dijabat oleh Pj yakni Pekon Tebaliokh Kecamatan Batubrak dan Pekon Tembelang Kecamatan Bandarnegeri Suoh, sehingga dipastikan juga calon yang mendaftar merupakan wajah baru," ungkapnya. 

Lebih lanjut Ruspel mengungkapkan, pencoblosan Pilratin serentak di  Lambar akan digelar pada 23 Februari 2022 mendatang. Tahapan Pilratin gelombang pertama tahun 2022 tersebut sejatinya telah berjalan sejak Oktober lalu.

Tahapan Pilratin serentak itu sendiri merujuk Peraturan Bupati (Perbup) Lambar No.55/2021 tentang Pedoman Pemilihan Peratin telah terbit. Serta Surat Keputusan (SK) Bupati Lambar Nomor: B/326/KPTS/III.13/2021 tentang Jadwal Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Peratin Serentak Gelombang Pertama Tahun 2022. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: