Pemkab Lambar akan Gelar Pelatihan untuk Kelas Green Grading

Pemkab Lambar akan Gelar Pelatihan untuk Kelas Green Grading

Kabid Perkebunan Disbunnak Lambar Sumarlin, S.P, M.P--

Medialampung.co.id - Dalam rangka meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan tentang mutu kopi robusta. Pemkab Lambar melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) bulan ini akan menggelar pelatihan untuk kelas Green Grading di Sekolah Kopi Kecamatan Sumberjaya.

“Kalau bulan Mei lalu kita mengadakan pelatihan kelas Green Grading untuk satu kelas namun bulan ini kita membuka untuk empat kelas Green Grading. Satu kelas terdiri dari 10 orang jadi ada 40 orang,” kata Kabid Perkebunan Sumarlin mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Yudha Setiawan, Jumat (3/6)

Kata dia, kelas Green Grading ini mempelajari cacat kopi dan biji kopi sehingga nantinya mereka bisa menghasilkan kopi dengan mutu satu bahkan fine robusta. 

“Peserta pelatihan di Sekolah Kopi ini bukan hanya dari kalangan petani tapi seluruh penggiat kopi,” akunya

Lebih jauh dia mengatakan, Sekolah Kopi dalam melaksanakan fungsi peningkatan kapasitas masyarakat Lampung Barat dalam pengelolaan kopi baik disisi On Farm maupun Off Farm memiliki 12 tutor yang berasal dari Lampung Barat dan telah diikutkan dalam penilaian Training of Trainer (TOT). 

 

Menurut Sumarlin,  fungsi sekolah kopi selain tempat meningkatkan kapasitas SDM di bidang tanaman kopi, juga diharapkan Sekolah Kopi menjadi pembangkit kunjungan wisata di Kabupaten Lambar sehingga kedepannya Sekolah Kopi akan tersaji potensi kepariwisataan Lambar  bahkan juga bisa menyediakan paket wisata sekolah kopi. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: