Pekon Berstatus Mandiri di Lambar Bertambah Tujuh, Total Jadi 47 Pekon

Pekon Berstatus Mandiri di Lambar Bertambah Tujuh, Total Jadi 47 Pekon

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

Medialampung.co.id - Kabar baik, di tahun 2022 tujuh pekon naik level menjadi Desa Mandiri melalui indikator penilaian Indeks Desa Membangun (IDM) yang merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks.

Ketiga indeks itu yakni Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan, oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI).

Ketujuh pekon yang kini berstatus Desa Mandiri Pekon Waypetai, Kecamatan Sumberjaya, Pekon Tanjungraya, dan Sukaraja, Kecamatan Waytenong, Pekon Muarajaya ll, Muarajaya l dan Muarabaru Kecamatan Kebuntebu. Serta Pekon Batukebayan, Kecamatan Batuketulis. 

Dengan penambahan Tujuh pekon berstatus Mandiri tersebut maka di Lambar hingga 2022 Desa Mandiri sudah berjumlah 47 pekon, dari total 131 pekon. 

Kenaikan juga terjadi pada status Desa Maju dari 61 pekon 2021, sekarang menjadi 63 pekon. Sehingga secara otomatis untuk desa berkembang berkurang dari 30 pekon tinggal 21 pekon lagi.

Tiga indeks penilaian status desa tersebut, seperti Indeks Ketahanan Sosial yaitu Pendidikan, Kesehatan, Modal Sosial, Permukiman. 

Indeks Ketahanan Ekonomi yaitu Keragaman Produksi Masyarakat, Akses Pusat Perdagangan dan Pasar, Akses Logistik, Akses Perbankan dan Kredit Keterbukaan Wilayah dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan yaitu Kualitas Lingkungan, Bencana Alam, Tanggap Bencana. 

Koordinator TTP Kabupaten Lambar Taswin Parizullah, S.H.l., lebih berharap agar ke depan pekon-pekon dapat mengoptimalkan anggaran maupun kegiatan untuk mendorong peningkatan status pekon menuju pekon mandiri. 

Dan pemda dapat mendukung dan mensupport kegiatan yang menunjang peningkatan status pekon yang diluar kemampuan Pekon.

Kemudian pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan pendamping desa yang sudah maksimal mendampingi pekon dalam mensukseskan pemutakhiran IDM tahun 2022. sehingga status Pekon dari 40 menjadi 47 pekon mandiri.

Camat Kebuntebu Ernawati, S.E., menyampaikan rasa bangga tiga Pekon di Kebuntebu meraih predikat Mandiri, diharapkannya 2023 mendatang pekon lainnya terutama yang saat ini berstatus pekon maju tinggal selangkah lagi. 

 

"Harapan saya program yang dijalankan pekon sejalan dengan program kabupaten yakni Pitu program unggulan Bupati Parosil Mabsus dan tiga komitmen sebagai kabupaten literasi, tanggung bencana dan konsentrasi. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: