Mantap! Jumlah Pekon Mandiri dan Maju di Lampung Barat Bertambah

Mantap! Jumlah Pekon Mandiri dan Maju di Lampung Barat Bertambah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tiga instansi yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) serta Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Lampung Barat melaksanakan Penandatangan Berita Acara Hasil Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) bertempat di Aula Pakuwon Bappeda, Senin 10 Juli 2023.

Kabar baiknya, Pekon berstatus Mandiri di Lampung Barat kembali bertambah, di tahun 2023 ini, empat pekon naik level dari Pekon berstatus Maju menjadi Pekon Mandiri melalui kegiatan pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) di seluruh Pekon se-Lampung Barat. 

Pemutakhiran IDM dilakukan secara reguler setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh Pekon sebagai implementasi dari Permendes Nomor 2 Tahun 2016 tentang IDM.

Pendataan IDM dilakukan melalui tiga pendekatan indeks, yakni Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan. 

BACA JUGA:Kode Redeem FF Terbaru 11 Juli 2023, Dapatkan 5x Diamond Voucher Free Fire Gratis

Pendataan pada Indeks Ketahanan Sosial terdiri dari beberapa indikator, diantaranya adalah indikator Pendidikan, Kesehatan, Modal Sosial, Permukiman. 

Indikator Indeks Ketahanan Ekonomi antara lain Keragaman Produksi Masyarakat, Akses Pusat Perdagangan dan Pasar, Akses Logistik, Akses Perbankan dan Kredit Keterbukaan Wilayah. 

Sedangkan indikator Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan antara lain Kualitas Lingkungan, Bencana Alam, Tanggap Bencana. 

Keempat pekon yang kini berstatus Pekon Mandiri adalah Pekon Sukapura Kecamatan Sumberjaya, Pekon Tambak Jaya kecamatan Way Tenong, Pekon Pagar Dewa Kecamatan Sukau dan Pekon Tribudisyukur Kecamatan Kebun Tebu. 

BACA JUGA:KNPI Lampung dan RPL Berkolaborasi dengan Masyarakat Bersihkan Pantai

Dengan penambahan empat pekon berstatus Mandiri tersebut, maka di Lampung Barat hingga 2023, Pekon Mandiri sudah berjumlah 51 Pekon, dari total 131 Pekon. 

Kenaikan juga terjadi pada status Pekon Maju dari 63 pekon tahun 2022, sekarang menjadi 64 pekon. Sehingga secara otomatis untuk Pekon yang berstatus berkembang berkurang dari 21 pekon tinggal 16 pekon lagi.

Kepala Bappeda Lampung Barat Agustanto Basmar, S.P.M.S.i., mengapresiasi hasil pemutakhiran IDM yang telah dilaksanakan secara objektif, partisipatif dan tepat waktu. 

"Saya mengharapkan pekon-pekon yang berstatus Maju dan Berkembang dapat mencontoh pekon-pekon yang sekarang sudah naik status, sehingga arah perencanaan pembangunan di pekon kedepan dapat diarahkan pada penguatan indikator yang masih dianggap lemah," ungkap Agustanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: