Salurkan BLT-DD, Pekon Trimulyo Dorong KPM Terapkan Bela Beli di BUMDes

Salurkan BLT-DD, Pekon Trimulyo Dorong KPM Terapkan Bela Beli di BUMDes

--

Medialampung.co.id - 101 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat kembali menerima bantuan untuk periode April, Mei. 

Pendistribusian BLT-DD, yang dilangsungkan di Balai Pekon, Jumat (20/5) tersebut disambut antusias warga yang merasa senang karena kembali memperoleh hak masing-masing sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan oleh satgas Covid-19 dan pemerintah pekon.

Hadir dalam pendistribusian BLT-DD tersebut, Sekretaris Kecamatan Drs. Narsan, Babinsa Serda Kamiludin, Kasi PMP Kecamatan Satyadi Efendi, S.E, M.M. dan unsur pemerintahan pekon. 

Dalam sambutannya, Narsan menyampaikan proses penetapan KPM di Trimulyo bisa dijadikan contoh, karena ditetapkannya kriteria penerima melalui isian indikator dan dibuat tim dan tim melakukan rapat yang tidak hanya sekali dua kali serta ada keterlibatan unsur masyarakat dalam penetapan KPM-nya.

"Saya mengikuti proses itu dari awal," kata Narsan.

Pada kesempatan itu Narsan menyampaikan jika KPM membelanjakan uangnya di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tekad Trimulyo artinya yang bersangkutan juga telah ikut menghidup kembangkan BUMDes yang notabenenya milik semua masyarakat Trimulyo.

Sementara disampaikan Peratin Buchori S.P., untuk BLT kali ini didistribusikan periode April, dan Mei. Pihaknya ingin memastikan bantuan tersebut tepat guna dan tepat manfaat dan tercapai tujuannya. 

Artinya bahwa uang tersebut dibelikan sembako, bukan yang lain. Juga bantuan tersebut harus berputar di Pekon Trimulyo bukan di Pekon lain.

Untuk itu dihimbau kepada KPM agar bisa membelanjakan uangnya di BUMDes setempat setelah uang diterima. Yang dibeli ya bahan pokok.

Dan terkait harganya dipastikan bahwa harga di BUMDes bisa bersaing dengan toko-toko lainnya.

 

Sedangkan Babinsa Kamiludin memberikan apresiasi atas kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Pekon Trimulyo, bahwa himbauan untuk bela beli sembako di BUMDes Pekon. Karena memang BUMDes sudah siap untuk itu. Artinya bahwa bantuan tersebut bermanfaat buat semua. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: