Bupati Waykanan Lantik 1.425 Anggota BPK Terpilih

Bupati Waykanan Lantik 1.425 Anggota BPK Terpilih

--

Medialampung.co.id - Bupati Waykanan Hi. Raden Adipati Surya, SH., MM., Rabu (18/5) melantik 1.425 anggota Badan Perwakilan Kampung (BPK) Waykanan terpilih yang dilakukan secara 2 sesi pelantikan (Sesi pertama 7 kecamatan dan sesi kedua 8 Kecamatan). 

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Bupati Drs Ali Rahman, Setda Kab Hi. Saipul, S.Sos., M.IP., Ketua DPRD Waykanan Nikman Karim, SH., Kapolres Waykanan, Serta Camat Masing masing wilayah.

Pada pelantikan yang digelar di Gedung Serbaguna Pemkab Waykanan tersebut Adipati Surya berharap agar Anggota BPK yang dilantik dapat bersinergi dengan Kepala Kampung layaknya DPRD dengan Bupati. 

"Saya berharap bahwa BPK Terpilih yang dilantik pada hari ini agar dapat segera menyesuaikan diri dengan aparatur kampung dan dapat bersinergi bersama kepala kampung untuk melaksanakan program program yang telah disepakati dan disusun oleh kepala kampung juga berperan mengawasi program kerja yang telah disusun tersebut, bukan sebaliknya, karena kadang kadang BPK malahan mempersulit kinerja kepala kampung, bersinergilah dalam hal-hal yang baik demi dan untuk kemajuan kampung, bukan berarti BPK harus di bawah kepala kampung, karena fungsi BPK sama saja dengan DPRD Kalo BPK dia ada di tingkat kampung, jadi pahami benar tugas dan fungsi BPK agar Pemerintahan Kampung dapat balance," tegas Adipati Surya. 

"Jika anda semua memahami tupoksi dan mengerti tugas dan fungsi maka insyaallah Pemerintahan Kampung dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya," imbuh Adipati Surya. 

Terpisah Hi. Hairullah, anggota Komisi I DPRD Waykanan berharap dengan telah dilantiknya anggota badan perwakilan kampung oleh Bupati Waykanan hari ini diharapkan kinerja kepala kampung menjadi semakin ringan karena telah mendapatkan mitra kerja yang berkompeten sesuai dengan hasil pemilihan yang dilakukan secara demokratis di kampung masing-masing.

"Seperti anda ketahui bahwa pemilihan badan perwakilan kampung di Waykanan ini dilakukan melalui pemilihan secara langsung yang tak kalah hebohnya dengan pemilihan kepala kampung oleh karenanya Saya sangat berharap besar terhadap para perwakilan masyarakat Kampung ini kalau selama ini ini diduga banyak anggota BPK yang ditunjuk langsung oleh kepala kampung sehingga kerap terjadi di dugaan penyimpangan karena BPK tidak berani mengoreksi kepala kampung dengan adanya BPK hasil pemilu masing-masing Kampung ini maka secara tidak langsung semua pelaksanaan potong kampung dapat di atau diawasi oleh anggota BPK Kampung tersebut," ujar Hi Hairullah, Kader Partai Demokrat di Komisi I DPRD Waykanan yang juga mantan Kepala Kampung.(sah/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: