Pemprov Lampung dan KPK Gelar Bimtek Perempuan Antikorupsi, Samsudin Ajak Perempuan Jadi Pelopor Integritas

Selasa 22-10-2024,18:57 WIB
Reporter : Dedi Andrian
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin, menghadiri pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Perempuan Antikorupsi dengan tema “Perempuan Berintegritas, Wujudkan Indonesia Bebas dari Korupsi” di Hotel Sheraton pada Selasa 22 Oktober 2024.

Acara yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Lampung ini diikuti oleh 150 peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai organisasi perempuan di Lampung.

Pj Gubernur Samsudin menyampaikan dukungan penuh dari jajaran pemerintah daerah terhadap kegiatan ini. 

Ia berharap, acara ini dapat memberikan dampak positif yang luas serta menumbuhkan dan menjaga integritas mulai dari lingkungan terkecil untuk mencegah terjadinya korupsi.

BACA JUGA:Pj Gubernur Lampung Pimpin Upacara Hari Santri Tegaskan Peran Santri Dalam Meraih Masa Depan Bangsa

BACA JUGA:Si Kecil Pasti Suka, Begini Cara Simple Buat Pizza dengan Bahan Sederhana

“Integritas setiap lapisan masyarakat, termasuk Bapak dan Ibu yang hadir hari ini, sangat menentukan keberhasilan pemberantasan korupsi yang pada akhirnya akan mempengaruhi keberhasilan pembangunan," kata Pj Gubernur Samsudin.

Korupsi, tambahnya, tidak mengenal gender. Baik laki-laki maupun perempuan berpotensi menjadi pelaku atau korban dari perilaku koruptif.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh KPK, 9,52% pelaku korupsi adalah perempuan. 

Namun, peran perempuan dalam pemberantasan korupsi memiliki dimensi berbeda, terutama sebagai ibu, istri, dan anggota komunitas atau rekan kerja. 

BACA JUGA:Disdikbud Bandar Lampung Cek Sampel Makanan yang Diduga Sebabkan Keracunan

BACA JUGA:Polres Lampung Selatan Gelar Sosialisasi Ops Zebra Krakatau 2024 di SMKN 1 Way Panji

Dari perspektif gender, perempuan tidak hanya berperan dalam pencegahan korupsi di lingkungan keluarga, tetapi juga bisa berperan aktif di masyarakat dan lingkungan kerja. 

Dengan memberikan contoh dan mengkampanyekan transparansi, perempuan dapat berkontribusi signifikan dalam gerakan antikorupsi.

Pj Gubernur mengajak seluruh peserta, khususnya kaum perempuan di Lampung, untuk menjadi pelopor antikorupsi dan berperan aktif dalam gerakan ini.

Kategori :