Pj Gubernur Samsudin Dorong Pembangunan Sektor Peternakan dan Pengendalian Rabies di Lampung

Jumat 18-10-2024,23:20 WIB
Reporter : Dedi Andrian
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin, menghadiri acara Bulan Bakti Peternakan, Kesehatan Hewan, dan World Rabies Day (WRD) 2024 yang digelar di UPTD Balai Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesmavet, dan Laboratorium Pakan Provinsi Lampung, Jumat 18 Oktober 2024.

Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung dengan berbagai pihak terkait, bertujuan untuk memajukan sektor peternakan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan serta pengendalian penyakit rabies.

Berbagai kegiatan diadakan dalam acara ini, termasuk Bazaar Produk Peternakan, donor darah, senam bersama di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Lampung, serta vaksinasi untuk sekitar 600 kucing dan anjing yang terdaftar.

Dalam sambutannya, Samsudin menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Lampung untuk menekan penularan penyakit hewan ke manusia, termasuk rabies. Ia juga menyoroti upaya provinsi dalam mengendalikan rabies yang terbukti dari minimnya kasus yang dilaporkan.

BACA JUGA:Mendapatkan Saldo DANA Gratis Tanpa Aplikasi Tambahan

BACA JUGA:Resep Alami untuk Mengobati Sinusitis Ala dr. Zaidul Akbar

“Jika digigit atau terluka oleh hewan, segera periksa karena berpotensi menimbulkan rabies. Di Provinsi Lampung, kasus rabies sangat minim, ini membuktikan bahwa kita berhasil dalam pengendalian rabies, terutama dalam menjaga kesehatan hewan,” ujarnya.

Samsudin mengajak masyarakat dan pihak terkait untuk mendukung pembangunan sektor peternakan dan kesehatan hewan, dengan tujuan mencapai Zero Rabies di Provinsi Lampung pada tahun 2030. 

Ia juga menekankan pentingnya evaluasi berkala untuk memastikan intervensi dalam penanganan rabies berjalan efektif.

Selain itu, Samsudin berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda tahunan yang terus dilaksanakan, karena sangat bermanfaat bagi kesehatan hewan dan pemiliknya.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Gelar Jamuan Santap Siap Perpisahan Dengan Para Menteri Jelang Habis Jabatan

BACA JUGA:Lelang Jabatan Kepala Sekolah Ditunda, Pj Gubernur Samsudin: Akan Dijadwalkan Ulang

“Mari kita jaga kesehatan hewan kesayangan kita agar tidak menimbulkan penyakit. Semoga acara ini bermanfaat bagi para pecinta hewan yang hadir,” harapnya.

Ia juga menyemangati para peternak di Lampung untuk terus meningkatkan produksi dan memenuhi kebutuhan daging di provinsi serta membuka peluang ekspor ke daerah lain. "Jangan pernah lelah, tetap semangat, agar Lampung menjadi provinsi peternak yang unggul," tutupnya.

Kategori :