Kebakaran Gudang Sanken Akibat Korsleting Listrik, Kerugian Capai Rp 3 Miliar

Jumat 18-10-2024,08:36 WIB
Reporter : Arif Setiawan
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kebakaran yang melanda gudang elektronik Sanken Jalan Yos Sudarso, Teluk Betung, Kota Bandar Lampung berhasil dipadamkan pada pukul 23.25 WIB, Kamis malam, 17 Oktober 2024.

Api berhasil dipadamkan setelah 70 personel Pemadam Kebakaran Kota Bandar Lampung dikerahkan. Proses pemadaman berlangsung selama lebih dari 4 jam.

Sebanyak 18 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan, terdiri dari 15 unit dari Mako dan 3 unit pembantuan.

"Ada 70 personel yang dikerahkan, dengan 18 unit mobil pemadam kebakaran," kata Anthony, Jumat pagi, 18 Oktober 2024.

BACA JUGA:Kebakaran Hanguskan Gudang Elektronik Sanken di Jalan Yos Sudarso

Pemadaman juga dibantu oleh dua mobil suplai air dari BPBD Kota Bandar Lampung dan satu unit mobil rescue. Selama proses pemadaman, sebanyak 38 tangki air digunakan.

Kepala Dinas Damkar Kota Bandar Lampung Anthony Irawan, mengatakan kebakaran diduga terjadi akibat korsleting listrik di gudang Sanken milik Bapak Solihin. Percikan listrik awalnya muncul di salah satu sudut gudang dan api kemudian membesar.

“Gudang Sanken yang terbakar memiliki luas 12x40 meter, dengan 70% barang elektronik baru seperti AC, kulkas, magic com, dispenser, dan mesin cuci hangus terbakar," jelas Anthony.

Sedangkan 30% barang lainnya yang terbakar merupakan barang lama yang sudah tidak terpakai dan disimpan di dalam gudang.

BACA JUGA:Akibat Angin Kencang, Tiang Listrik Bertegangan Tinggi Roboh di Tanjung Karang Pusat

Akibat kebakaran ini, total kerugian diperkirakan mencapai Rp 3 miliar. Beruntung, tidak ada korban jiwa, baik dari petugas pemadam kebakaran, pemilik gudang, maupun warga sekitar.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," tutup Irman.

Kategori :