Bawa Nama Pesisir Barat, Hasna Wati Raih Predikat Kader Posyandu Berprestasi Nasional

Minggu 18-08-2024,19:23 WIB
Reporter : Yogi Astrayuda
Editor : Budi Setiawan

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kader Posyandu Pering Ulung, Pekon Gunung Kemala, Kecamatan Way Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Hasna Wati, berhasil meraih predikat kader Posyandu terbaik bidang kesehatan tingkat nasional.

Penyerahan penghargaan dari Kementerian Kesehatan yang dipusatkan di Swiss Hotel Jakarta, Sabtu 17 Agustus 2024 kemarin.

Kepala Puskesmas Way Krui, Ridho Pajri mengatakan, Hasna Wati menjadi perwakilan Kabupaten Pesbar dalam kegiatan lomba kader kesehatan tingkat provinsi dan berhasil keluar sebagai peserta terbaik dan meraih juara.

“Lomba kader posyandu telah dilaksanakan di tingkat Kabupaten, Provinsi dan puncaknya di tingkat nasional. Pada penilaian tingkat nasional Hasna Wati berhasil meraih predikat salah satu kader posyandu terbaik,” kata dia.

BACA JUGA:Emir Lil Ardi Akan Pimpin Ketua Sementara, 25 Anggota DPRD Pesisir Barat Dilantik Senin

BACA JUGA:Imbau Warga Cek DPS di Wilayahnya, KPU Pesisir Barat Umumkan DPS Pilkada 2024

Dijelaskannya, prestasi yang berhasil diraih Hasna Wati itu, berkat kerja keras yang dilakukan dalam upaya peningkatan pelayanan Posyandu di Pekon Gunung Kemala. 

Berkat inovasinya berhasil meraih predikat kader Posyandu berprestasi bidang kesehatan tingkat nasional tahun 2024.

“Inovasi yang dilakukan yakni Demo Masak Gizi Tambahan (Desak Gita) dan Sertifikat Balita Lulus Imunisasi (Setali) yang dilaksanakan untuk meningkatkan partisipasi peserta Posyandu di pekon Gunung Kemala,” terangnya.

Ditambahkannya, Inovasi Desak Gita dilaksanakan karena pada tahun 2021, kunjungan bayi balita ke Posyandu Pering Ulung hanya mencapai 56 persen dan terdapat tiga balita dengan status gizi kurang.

BACA JUGA:33 Anggota Paskibraka Upacara HUT RI ke-79 di Kota Baru Terima Penghargaan dari Pj Gubernur Samsudin

BACA JUGA:Pj Sekda Lampung Barat Resmi Tutup Kegiatan Diklat Paskibraka

“Karena itu, diputuskan kegiatan tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan minat orang tua untuk mengikuti kegiatan posyandu dan memperbaiki status gizi bayi dan balita karena orang tua mengetahui dengan menggunakan bahan makanan lokal dapat memperbaiki gizi anak,” jelasnya.

Begitu juga inovasi Setali, didasarkan oleh capaian pelayanan imunisasi dasar lengkap di posyandu Pering Ulung Pekon Gunung Kemala tahun 2022 hanya tercapai 95 persen dari target 100 persen yang telah ditentukan.

Kategori :