Disdukcapil Lampung Barat Bimtek Pencatatan Sipil di Puralaksana

Kamis 08-08-2024,15:52 WIB
Reporter : Rinto Arius
Editor : Budi Setiawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), melanjutkan agenda bimbingan teknis (Bimtek) dan sosialisasi terkait pencatatan sipil, di Kecamatan Way Tenong, yakni di Pekon Puralaksana, Kamis 8 Agustus 2024.

Seperti di Pekon Sindang Pagar, Kecamatan Sumber Jaya satu hari sebelumnya. Pihak dari Disdukcapil Lambar, yang memberikan bimbingan yani petugas Personal Linda Masoni, S.Ag., Abdul Rahman, S.I.P., bersama Peratin Sindang Pagar Sudirman dan peserta aparatur pekon, tokoh masyarakat tokoh agama muslim, non muslim, dan bidan desa. 

Linda Masoni mendampingi Kadisdukcapil Lambar Ruspan Anwar, S.H., mengatakan, peserta bimtek seperti kepala pemangku, tokoh masyarakat tokoh agama, bidan desa dan aparatur pekon lainnya.

Hal tersebut karena aparat pemerintah pekon, merupakan perwakilan pemerintah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya Administrasi Kependudukan (Adminduk), dengan target upaya masyarakat betul-betul dapat melengkapi dan memiliki kelengkapan adminduk, kata dia. 

BACA JUGA:Diskusi Terkait Target Produksi 8 Ton Per Hektar, Disbunnak Lampung Barat Sambangi Petani Kopi di Kebun Tebu

BACA JUGA:Polisi Periksa Pegawai Dinas PU Bandar Lampung Soal Tewasnya Satu Pekerja Jatuh Dari Playover

Lanjutnya, diberikan sosialisasi itu, supaya masyarakat memahami pentingnya adminduk dan memiliki adminduk yang lengkap. 

"Yang kita titik beratkan pada bimtek ini, tentang akta kematian akta lahir dan akta nikah (perkawinan),” ujarnya. 

"Tiga jenis adminduk ini menjadi salah satu syarat yang selalu harus dilengkapi dalam berbagai urusan, seperti akte kelahiran persyaratan mendaftarkan diri sekolah akta perkawinan menjadi salah satu syarat seperti dalam penerimaan bantuan sosial (bansos). Maupun keperluan lain yang tidak kalah pentingnya," sambungnya.

Atas dasar tersebutlah, terusnya, Disdukcapil Lambar secara intens setiap tahunnya melakukan bimtek yang diberikan secara bergilir tiap pekon/kelurahan seperti tahun ini. 

BACA JUGA:18 Hektar Tanah Milik Pemkab Lampung Barat Disewakan

BACA JUGA:Ngaku Dagang Ayam, Pemuda Pengangguran Jual Sabu Diamankan Polisi

Sasaran satu pekon setiap kecamatan, dan untuk Kecamatan Sumber Jaya tahun ini menjadi giliran Pekon Sindang Pagar. 

"Bimtek terkait pencatatan sipil tahun ini di Kecamatan Way Tenong kita tempatkan di Pekon Puralaksana. Dan tahun sebelumnya di Pekon Simpang Sari, untuk kedepannya juga pasti akan menjadi giliran pekon lain," terangnya. 

Sementara, Pj Peratin Puralaksana Daim mengucapkan terima kasih atas kunjungan pihak Disdukcapil Lambar yang melakukan bimtek sistem jemput bola tersebut. 

Kategori :