SMKN 1 Waytenong Lakukan Trik Jitu Hindarkan Pemecatan Siswa Badung

Senin 02-01-2023,20:48 WIB
Reporter : Rinto Arius
Editor : Budi Setiyawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Upaya pihak SMK Negeri l Waytenong, Kabupaten Lampung Barat memberikan pembinaan eksternal bekerjasama aparat TNI dalam mencegah terjadinya pemecatan kepada siswa yang telah melakukan beberapa kali kesalahan fatal (Badung) membuahkan hasil yang baik.

Seperti di ketahui di SMK tersebut terdapat 14 siswa didik, yang masuk catatan hitam pihak sekolah dengan telah sering kali melakukan indisipliner sekolah seperti bolos belajar, tidak masuk sekolah tanpa keterangan dan melakukan upaya kekerasan (tawuran).

Jika melihat dari tindakan indisipliner yang dilakukan berulang kali, bahkan mengabaikan peringatan sekolah maka sudah layak pihak sekolah melakukan pemecatan untuk cegah terjadinya hal-hal negatif yang berdampak pada siswa lainnya 

Namun, karena pertimbangan dengan upaya pemecatan bukan solusi terbaik dan akan merusak masa depan para siswa. Muncullah ide pihak sekolah bersama orang tua siswa yang bermasalah, untuk diberikan pembinaan eksternal bekerjasama dengan Kodim 0422/LB dan Koramil 422/06 Sumberjaya. 

BACA JUGA:Bupati Tinjau Kesiapan Kantor Polres Pesisir Barat

Dan dalam pelaksanaan pembinaan dilakukan selama masa libur akhir tahun 2022 kemarin, ke-14 siswa menjalani pembinaan di Kodim 0422/LB atau selama dua pekan. 

Kepada media ini, Kepala SMKN 1 Waytenong Edi Sutiawan, S.Kom., menyampaikan berkat pembinaan eksternal tersebut, saat ini kondisi anak-anak menjadi lebih baik.

Bahkan saat mengikuti upacara bendera Senin (2/1) para siswa menyampaikan terimakasih atas pembinaan tersebut dimana para anggota TNI yang mengajarkan banyak ilmu kebaikan.

"Para anak murid, selama di bina diajarkan tentang agama, disiplin, budi pekerti dan lainnya bahkan mereka merasa waktu 14 hari sangat cepat berlalu," katanya.  

BACA JUGA:Pemkab Pesbar Monev KBM ke Sejumlah Sekolah

Lanjut Edi. Manfaat dan perubahan nyata kepada 14 siswa, mereka  telah menyampaikan berkomitmen menjadi Polisi Sekolah dan bertugas Adzan saat tiba waktu sholat. 

Dan atas nama pihak sekolah serta para orang tua Edi Sutiawan menyampaikan terimakasih kepada Dandim Lambar dan Danramil Sumberjaya. 

"Alhamdulilah para orang tua dari ke 14 siswa kami ini merasa bangga dan berterimakasih kepada TNI yang telah menuntun putra mereka dari hal-hal yang bakal merusak masa depan mereka," ungkapnya.

Edi Sutiawan juga mengutip, Pembinaan Eksternal yang ditelurkan dalam mendidik para tunas bangsa membutuhkan kesabaran dan juga waktu.

Kategori :