YJI bersama Dinkes Tanggamus, Selenggarakan Lomba Senam Jantung Sehat dan Senam Hip Heart

Jumat 19-08-2022,23:57 WIB
Reporter : Edi Herliansyah
Editor : Budi Setiyawan

TANGGAMUS, MEDIALAMPUNG.CO.ID  - Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Tanggamua bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, menyelenggarakan Lomba Senam Jantung Sehat Seri V dan Senam Hip Heart Seri II, Tingkat Kecamatan Sumberejo serta Pelayanan Kesehatan Pemeriksaan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) di Aula Kantor Kecamatan Sumberejo, Jumat 19 Agustus 2022.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, serta dihadiri sejumlah kepala perangkat daerah Kabupaten Tanggamus, Camat, Uspika dan Ka UPT Puskesmas Kecamatan Sumberejo, pengurus YJI Tanggamus, TP PKK, GOW, ASIAFI, serta kepala pekon setempat. 

Ketua YJI Cabang Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi'i, dalam laporannya menyampaikan kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022, yang sejalan dengan misi YJI, yaitu memasyarakatkan kegiatan olahraga seperti senam jantung sehat di masyarakat.

"Agar menjadi salah satu senam yang dipraktekkan di klub-klub jantung sehat atau sanggar-sanggar senam yang ada," kata Sri. 

BACA JUGA:Pemprov Lampung Senam Bersama dan Gelar Lomba Dalam Rangka HUT RI Ke-77

Selain itu, lanjut Sri, dilaksanakan juga kegiatan pemeriksaan deteksi penyakit tidak menular (PTM), berupa TB, BB, golongan darah, tensi darah, kolesterol, asam urat, gula darah. 

Adapun peserta yang mengikuti lomba adalah 13 Pekon di Kecamatan Sumberejo, yang terdiri dari 2 grup, yaitu grup Senam Jantung Sehat (usia: 30-45 tahun) dan Senam Hip Heart (usia : 17-25 tahun).

"Kepada peserta nantinya, diharapkan menjadi motor penggerak senam jantung sehat di pekonnya masing-masing," harapnya. 

Sementara Wakil Bupati Hi. AM. Syafi'i, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kabupaten Tanggamus dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. 

BACA JUGA:Bunda Eva Lakukan Groundbreaking Pembangunan Masjid Kubah Rantai Emas

"Semoga dengan adanya lomba senam ini akan mampu menambah pengetahuan serta memberi kesadaran bahwa pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah," kata Wabup. 

Wabup juga berharap kepada OPD terkait, serta organisasi lainnya, seperti TP-PKK, GOW, PERWOSI, ASIAFI, PERSANI, ASKI, dan lainnya, untuk terus bersinergi, berkolaborasi dengan YJI Tanggamus. 

"Guna mewujudkan masyarakat yang sehat, terutama sehat jantungnya dan terhindar dari berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM)," harapnya. 

Kemudian kepada pemenang lomba, akan diberikan penghargaan berupa piala, trophy, souvenir dan uang pembinaan dari Ketua YJI Cabang Tanggamus. 

BACA JUGA:5 KK Asal Pringsewu Ikuti Program Transmigrasi ke Sulawesi Selatan

Adapun pemenang Lomba Senam Jantung Sehat Seri V, terdiri dari; juara 1 dengan jumlah nilai 534 nomor undian 011,  Juara 2 dengan jumlah nilai 512 nomor undian 02, dan juara 3 dengan jumlah nilai 503 nomor undian 04.

Lalu untuk Senam Hip Heart Seri II, juara 1 dengan jumlah nilai 508  nomor undian 02,  juara 2 dengan jumlah nilai 485 nomor undian 05, dan juara 3 dengan jumlah nilai  478 nomor undian 08. (ehl/rls/mlo)

Kategori :