Beda Dengan BLT-DD, BST Belum Ada Kabar 

Kamis 10-02-2022,18:03 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Berbeda dengan pekon, yang sudah pasti kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Bahkan tahun 2022 mengalami kenaikan, yakni 40% dari pagu Dana Desa. 

Nah, Kelurahan yang sedianya mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di salurkan langsung dari Kementerian Sosial (Kemensos) 2021.

Sampai saat ini belum ada kabar apakah akan disalurkan kembali seperti BLT-DD di pekon atau bagaimana. 

Dikatakan Lurah Pajarbulan, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat Erna Risnawati, S.E., hingga saat ini, pihak kelurahan juga masih menunggu dan belum mendapatkan informasi baik dari Dinas Sosial (Dinsos) atau dari Kantor Pos, apakah BST akan digulirkan atau seperti apa.

Yang pastinya jika tidak ada BST dari Kemensos tentu masyarakat yang berdomisili di kelurahan kecil harapan akan menerima bantuan sebagaimana BLT-DD yang diterima masyarakat berdomisili di pekon.

Pasalnya jika mengandalkan Dana Kelurahan (Dankel) yang pagu anggarannya terus menurun bahkan tahun anggaran (TA) 2022 ini tinggal Rp300 juta, kemudian dibandingkan dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) yang jauh lebih besar dari pekon sangat tidak memungkinkan. 

Disisi lain Erna juga berpendapat, belajar dari pengalaman penyaluran BSM 2021. Jika tahun ini BST kembali disalurkan, maka sebaiknya dilakukan pendataan ulang penerima, hal itu agar bantuan betul-betul tepat sasaran.

"Harapan kami data penerima di update, sebab data BSM yang turun 2021, meski awalnya merupakan data kelurahan, namun dalam perjalannya adanya pengurangan jumlah yang justru merepotkan petugas kelurahan sebab dicecar warga sementara petugas tidak tahu menahu penyebab dilakukan pengurangan," katanya.

Bahkan kata Erna jika dilihat dari jumlah penduduk dan kewajaran menerima BSM jumlah yang diterima 2021 sekitar 1.300 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masih kurang dari jumlah warga yang membutuhkan.(r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait