Pemkot Bandar Lampung Akan Lakukan Penanaman Seribu Pohon dan Pembuatan Biopori untuk Cegah Banjir

Pemkot Bandar Lampung Akan Lakukan Penanaman Seribu Pohon dan Pembuatan Biopori untuk Cegah Banjir

Pemkot Bandar Lampung Akan Lakukan Penanaman Seribu Pohon dan Pembuatan Biopori untuk Cegah Banjir--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Setelah meninjau dua titik sungai dan melakukan pengerukan, Pjs Wali Kota Bandar Lampung, Budhi Darmawan.

mengumumkan rencana penanaman pohon di wilayah pemukiman yang sering mengalami banjir di Kota Bandar Lampung, Jumat, 25 Oktober 2024.

"Jika kita membahas soal banjir, ini tentu masalah yang kompleks dan tidak mudah diatasi. Namun, kami tetap harus mengambil langkah agar dapat mengurangi intensitas banjir di beberapa wilayah Kota Bandar Lampung, dengan menanam pohon dan membuat lubang biopori di lokasi rawan banjir," ujarnya.

Budhi menjelaskan bahwa upaya tersebut mungkin tidak memberikan hasil secara instan, terutama karena pohon membutuhkan waktu untuk tumbuh besar dan kuat.

BACA JUGA:Soal 12 Siswa SD Diduga Keracunan, Hasil Pemeriksaan Ungkap Zat Kimia Berlebih dalam Darah

“Walaupun upaya ini tidak dapat mengatasi banjir secara langsung dan sepenuhnya, semoga ada dampaknya. Karena itu, kita perlu segera melaksanakannya dari sekarang," tambahnya.

Penanaman pohon dan pembuatan lubang biopori ini akan dilakukan oleh petugas menggunakan alat berat sebagai bagian dari langkah antisipasi bencana banjir.

Budhi menargetkan agar kegiatan ini dapat diselesaikan dalam waktu satu bulan, guna memenuhi target mitigasi bencana yang sering mengancam wilayah tersebut.

"Mudah-mudahan dalam jangka waktu satu bulan ini bisa selesai, karena fungsi utamanya sebagai resapan air agar lebih optimal dan tentunya mengurangi banjir," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: