Ini Kata Dinkes Kota Bandar Lampung Soal Banyaknya Nyamuk di Musim Kemarau

Ini Kata Dinkes Kota Bandar Lampung Soal Banyaknya Nyamuk di Musim Kemarau

Ini Kata Dinkes Kota Bandar Lampung Soal Banyaknya Nyamuk di Musim Kemarau--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Musim kemarau saat ini menyebabkan meningkatnya jumlah nyamuk, terutama di Kota Bandar Lampung pada hari Senin, 2 September 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri, menjelaskan tentang peningkatan jumlah nyamuk selama musim kemarau di Bandar Lampung.

"Saat musim kemarau seperti ini, hujan tetap dapat terjadi secara sporadis, sehingga menyebabkan genangan air di beberapa tempat seperti di pot tanaman atau wadah lainnya. Meskipun genangan tersebut sedikit, tetap saja bisa menjadi sarang bagi nyamuk untuk berkembang biak," ujarnya.

Ia menambahkan, pada masa seperti ini, nyamuk yang umumnya aktif selama musim hujan, masih dapat bertelur dan melanjutkan siklus hidup mereka meskipun di musim kemarau.

BACA JUGA:Polresta Bandar Lampung Bagikan Ribuan Liter Air Bersih bagi Warga Terdampak Kekeringan

Desti juga menjelaskan alasan fenomena ini bisa terjadi, yaitu karena perkembangan nyamuk dapat terjadi di mana saja, termasuk di sekitar rumah warga.

"Selama musim kemarau, nyamuk mencari tempat baru yang biasanya tidak mereka gunakan, seperti area dengan kelembaban tinggi di sekitar tanaman atau drainase, yang akhirnya meningkatkan jumlah nyamuk yang aktif," ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya menyebut belum ada peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) meskipun jumlah nyamuk di Bandar Lampung lebih banyak dari biasanya.

"Sampai saat ini belum ada peningkatan," tutupnya sambil tetap mengimbau masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat guna menghindari penyakit tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: