HUT RI di IKN, 18 SPKLU PLN Layani 340 Transaksi Pengisian Mobil Listrik

HUT RI di IKN, 18 SPKLU PLN Layani 340 Transaksi Pengisian Mobil Listrik

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (kanan) dan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Agung Murdifi (kiri) saat melakukan inspeksi kesiapan salah satu lokasi SPKLU di IKN--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - PT PLN (Persero) berhasil mendukung penyelenggaraan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 17 Agustus. 

Selain sukses menjaga keandalan pasokan listrik, PLN juga mendukung operasional kendaraan listrik (_electric vehicle_/EV) dengan menyiapkan Stasiun Pengisian kendaraan listrik Umum (SPKLU).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa PLN telah menyiapkan 18 unit SPKLU di berbagai lokasi di IKN untuk melayani kendaraan listrik. 

Hingga 17 Agustus 2024, seluruh SPKLU tersebut telah melayani lebih dari 340 transaksi pengisian daya dengan total daya sebesar 6.568 kilowatt hour (kWh).

BACA JUGA:Kepala BPIP Tinjau Kesiapan Paskibraka 2024 di Istana IKN

BACA JUGA:Cak Imin Serahkan Persetujuan Parpol KWK Kepada RMD- Jihan di Pilgub Lampung

"Sejalan dengan konsep _Forest City_ IKN yang sepenuhnya menggunakan energi ramah lingkungan, PLN telah membangun infrastruktur pendukung kendaraan listrik. Kami memastikan bahwa transisi energi ini tidak hanya sebatas strategi _high level_, tetapi juga sudah diterapkan secara operasional. Ke depan, semua kendaraan di IKN akan berbasis energi listrik yang bersih," ujar Darmawan.

Saat ini, PLN telah membangun 18 unit _EV Charger_ di tiga lokasi di IKN dan sekitarnya, yaitu di Stadion Batakan, Kantor Sekretariat Negara IKN, dan Gardu Hubung sementara. 

Infrastruktur tersebut terdiri dari 8 unit SPKLU Ultra Fast Charging, 4 unit SPKLU Fast Charging, 3 unit SPKLU Medium Charging, dan 3 unit SPLU. Pengoperasian SPKLU ini didukung oleh aplikasi PLN Mobile, sehingga semua layanan dapat dilakukan secara digital dan cepat.

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Apresiasi Terpilihnya Busana Adat Lampung Terbaik HUT RI ke-79 di IKN

BACA JUGA:Imbau Warga Cek DPS di Wilayahnya, KPU Pesisir Barat Umumkan DPS Pilkada 2024

"Seluruh transaksi di SPKLU dilakukan secara digital dan _real time_ melalui menu Electric Vehicle pada _SuperApp_ PLN Mobile, sehingga koordinasi dan pemantauan dapat dilakukan dengan baik," tambahnya.

Infrastruktur ini juga mendukung kebutuhan kendaraan operasional utama selama upacara HUT RI ke-79, termasuk mobil listrik Kantor Sekretariat Negara, bus listrik, mobil listrik Polri, _buggy_, taksi listrik, dan motor listrik Paspampres.

Darmawan juga menambahkan bahwa listrik yang digunakan untuk menyuplai IKN 100 persen berasal dari energi baru terbarukan (EBT), khususnya dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN berkapasitas 10 Megawatt (MW). Dengan demikian, baik dari hulu hingga hilir, semuanya menggunakan energi bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: