Lestarikan Budaya Khas Lambar, Pekon Tanjung Raya Gelar Lomba Nyambai

Lestarikan Budaya Khas Lambar, Pekon Tanjung Raya Gelar Lomba Nyambai

Pembukaan lomba yang diikuti oleh 20 group itu ditandai dengan ‘Nyambai Bebakhong’-Foto Dok-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk mendukung kelestarian budaya khas Lampung Barat, sekaligus dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 tahun 2024.

Pemerintah Pekon Tanjung Raya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat menggelar lomba Nyambai yang telah dibuka sejak Selasa 13 Agustus 2024. 

Pembukaan lomba yang diikuti oleh 20 group yang terdiri dari peserta remaja sebanyak 12 group dan dewasa 8 group itu ditandai dengan ‘Nyambai Bebakhong’ yang dihadiri Camat Sukau Juremiyudi, didampingi Peratin Tanjung Raya Johan Safri, jajaran aparatur pekon, LHP, mahasiswa KKN serta para tokoh masyarakat di wilayah setempat.

Diketahui Nyambai adalah sebuah tari kelompok berpasangan yang dilakukan oleh gadis (muli) dan bujang (mekhanai) sebagai ajang pertemuan atau ajang silaturahmi untuk mencari jodoh. 

BACA JUGA:Buka Rakerda DPD IWAPI Lampung Pj Gubernur Samsudin: Pentingnya Kontribusi Wanita Pengusaha Dalam Perekonomian

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Lepas 67 Atlet Lampung Ikuti Porwanas XIV Kalimantan Selatan

Sebagai tarian adat pada masyarakat saibatin (pesisir), kehadirannya menjadi bagian dari rangkaian upacara perkawinan yang disebut dengan upacara nayuh/penayuhan.

Nyambai adalah acara pertemuan khusus yang diselenggarakan untuk Meghanai (bujang) dan Muli (gadis) sebagai ajang silaturahmi, berkenalan, dengan menunjukkan kemampuan dalam menari. 

Tari Nyambai biasa dilakukan saat ada acara pernikahan yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Camat Sukau Juremiyudi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, gelaran lomba ini menjadi salah satu upaya dalam rangka melestarikan budaya nyambai yang lahir sejak jaman nenek moyang masyarakat Lampung Barat.

BACA JUGA:Peringati HUT Pramuka Ke-63, Kwarran Batu Ketulis Gelar Upacara

BACA JUGA:Giliran Pekon Gedung Surian Salurkan Bansos Beras CPP Periode Agustus Untuk 222 KPM

“Meski menjadi sebuah kompetisi, namun kita berharap kemenangan bukan menjadi satu-satunya tujuan utama bagi peserta, melainkan bagaimana semua berpartisipasi dalam memeriahkan perayaan HUT RI serta berkontribusi untuk melestarikan budaya khas Lampung Barat ini,” pesannya.

Sementara itu, Peratin Tanjung Raya Johan Safri menuturkan, lomba nyambai ini menjadi salah satu rangkaian lomba yang digelar secara meriah untuk mengisi semaraknya perayaan HUT RI tahun 2024 di Pekon Tanjung Raya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: